Komisi I Usulkan 4 Raperda Inisiatif DPRD

oleh -302 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo (kiri) saat menghadiri rapat gabungan komisi pembahasan Raperda Inisiatif. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Komisi I DPRD Berau mengusulkan 4 Raperda inisiatif, yang akan dibawa dalam pembahasan rapat gabungan komisi pembahasan dan penentuan Raperda inisiatif DPRD Berau.

“Saya mewakili ketua komisi yang tidak hadir dalam rapat ini, untuk menyampaikan hasil rapat internal komisi membahas Raperda apa saja yang akan diusulkan dalam Raperda inisiatif. Raperda itu yakni revisi tata cara ruang wilayah RT/RW, revisi Perda miras, dan Raperda pemberdayaan BUMDES,” ungkap salah satu anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo, saat menghadiri rapat gabungan komisi, Senin (30/1/2023).

Selain itu, Raperda lainnya yang juga diusulkan adalah Raperda pengaturan Ormas di Berau. Raperda ini mencuat lantaran makin banyaknya Ormas yang muncul di Kabupaten Berau.

“Perda pengaturan Ormas sangat penting, karena saat ini menjamur Ormas di Berau. Apalagi Kesbangpol juga terlihat kurang tanggap, tidak ada penertiban,” tambah anggota Komisi I lainnya, Rudi P.Mangunsong, yang juga hadir dalam rapat.

Raperda Ormas juga diajukan oleh komisi I, karena sudah ada referensi bagaimana Perdanya dan penerapannya, seperti yang dilaksanakan di Tarakan.

“Kalau di Tarakan itu Ormas diatur dalam Perda sehingga tertib. Bahkan ada juga pembinaannya untuk para Ormas tersebut, sehingga mereka bisa menjalankan fungsinya masing-masing sesuai Ormas yang dibentuk,” tutup Rudi. (Ria/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *