Jalan Usaha Tani Kampung Samburakat Harus Direalisasikan

oleh -200 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo saat bertemu dengan masyarakat dalam reses di Kampung Samburakat. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Pendukung sektor pertanian di Kabupaten Berau, sangat dibutuhkan. Hal ini diungkapkan para petani saat menghadiri reses gelaran salah satu anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo.

“Saat melakukan reses di Kampung Samburakat Kecamatan Gunung Tabur, saya mendapati kalau para petani ini sangat membutuhkan jalan usaha tani, guna memudahkan akses mereka dalam mengangkut hasil panen dan memasarkannya,” jelasnya, ditemui Sabtu (18/3/2023).

Dikatakannya, usulan itu pun sudah sering diutarakan juga dalam Musrenbang tingkat Kecamatan Gunung Tabur. Bahkan, hampir setiap tahunnya usulan itu selalu ada.

“Wajar saja jika mereka mempertanyakan peran Pemerintah Daerah Kabupaten Berau. Apalagi dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani, dimana untuk Kampung Samburakat ini hasil jagungnya termasuk komoditas unggulan,” tambahnya.

Untuk itu, politisi partai Demokrat ini menyebut akan memperjuangkan usulan itu. Perjuangan itu, ungkapnya, bukan semata-mata karena merupakan kepentingan politik, melainkan karena kebutuhan masyarakat yang mayoritasnya bekerja sebagai petani, dengan produk unggulan yang menjadi andalan Kabupaten Berau, yakni komoditas jagung.

Dan dalam proses realisasinya, Falen berupaya untuk mendorong bantuan serta anggaran melalui kelompok tani, termasuk saat pengajuan bantuan fasilitas pertanian, seperti pupuk atau benih. Hal itu dilakukan agar bantuan maupun anggaran tersebut terarah dan tepat sasaran.

“Jika sudah ada kelompok tani, mudah-mudahan dengan anggaran yang cukup dapat merealisasikan jalan usaha tani. Apalagi banyak petani tak kunjung henti mengeluh terkait persoalan di kampung yang berjarak sekitar 40 Kilometer dari Pusat Pemerintahan Tanjung Redeb itu,” tutupnya. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *