OPD Harus Cepat Tanggap Saat Terjadi Bencana

oleh -394 views
Ketua DPRD Berau, Madri Pani di Musrenbang Kecamatan Segah. (Humas DPRD Berau)

SEGAH.DIMENSINEWS –

Banjir yang sering terjadi tak hanya di perkotaan tetapi juga di kampung, haruslah menjadi perhatian bersama semua pihak, khususnya untuk OPD atau dinas yang membidangi hal ini. Ketua DPRD Berau Madri Pani pun menegaskan masalah ini saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Segah.

“Saya menganjurkan, agar OPD di Berau ini bisa lebih cepat bertindak. Mau itu bencana kecil maupun besar. Misalnya seperti banjir di Kampung Tumbit Melayu karena luapan Sungai Kelay, itu seharusnya dinas-dinas terkait sudah standby di sana. Apalagi ini sudah seperti bencana rutin setiap tahunnya,” tegas Madri Pani, Rabu (22/2/2023).

Dikatakan Madri, banjir merupakan masalah klasik. Kalau sudah tahu kenapa tidak dipersiapkan pemerintah sejak jauh hari, mulai dari BPBD, Dinkes, Dinsos, sehingga kalau terjadi banjir langsung buka posko.

“BPBD bisa langsung persiapkan tenda posko bencana, Dinkes bisa menurunkan tenaga medisnya supaya ada perhatian terhadap masyarakat. Dinsos buka dapur umum, DPUPR juga turun inventarisir masalah saat banjir ini. Kalau memutus jalan maka harus dicarikan solusinya,” tambahnya.

Jika memang memutuskan jalur atau akses jalan, maka DPUPR harus segera membuat gorong-gorong khususnya di perkampungan. Apalagi bencana banjir ini tidak perlu dirapatkan karena masuk dalam tanggap darurat. Sehingga dana atau anggarannya bisa langsung dipakai. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *