Ratna Sebut SDM Bidan Ditingkatkan untuk Minimalisir Kematian Ibu dan Bayi

oleh -300 views
Anggota DPRD Berau, Ratna saat di Musrenbang Kecamatan Tanjung Redeb. (Humas DPRD Berau)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Kasus kematian ibu dan bayi yang cukup tinggi di Kabupaten Berau, juga mendapat perhatian khusus dari para anggota dewan. Seperti yang diungkapkan salah satu anggota DPRD Berau, Ratna yang menyebut jika salah satu faktor yang bisa meminimalisir hal tersebut adalah kualitas SDM tenaga kesehatannya, yakni bidan.

“Jadi tolong untuk Pemkab Berau dan ibu Bupati, bisa memberikan support kepada para bidan ini, untuk meningkatkan SDMnya. Misalnya mereka yang akan melakukan studi banding ke daerah lain, bisa dibantu untuk pendanaannya,” terang Ratna saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Tanjung Redeb, Kamis (2/3/2023) lalu.

Dijelaskan Ratna, SDM merupakan salah satu faktor penting guna meminimalisir kasus kematian ibu dan bayi. Karena dengan pengetahuan mumpuni dan kecakapan yang dimiliki, bidan akan bisa melakukan tindakan tepat jika menghadapi kondisi yang urgent saat memberikan pertolongan persalinan.

“Seperti di Puskesmas Tanjung Redeb saja, saat saya melakukan kunjungan mendapat laporan bahwa sudah ada kasus kematian 9 ibu dan 3 bayi. Ini sangat prihatin bagi kita selain masalah stunting yang tak kunjung tuntas,” tambahnya.

Untuk itu, selain support Pemkab Berau, Ratna juga mempertanyakan kepada Dinas Kesehatan Berau, langkah apa saja yang dirumuskan untuk mengurangi angka kasus kematian ibu dan bayi. Apalagi hampir di seluruh kelurahan di Kecamatan Tanjung Redeb, sudah ada kasus seperti itu. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *