Dorong Pemkab Segera Lakukan Pembebasan Lahan TPA

oleh -257 views
Ketua Komisi III DPRD Berau, H.Saga'. (Humas DPRD Berau)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Menghadiri Musrenbang Kecamatan Pulau Derawan, Ketua Komisi III DPRD Berau, H.Saga’, mendorong pemerintah Kabupaten Berau untuk segera melakukan pembebasan lahan tempat pembuangan akhir (TPA), yang berada di Kampung Tanjung Batu.

“Karena kondisinya sudah tidak layak. Belum lagi jumlah volume sampah yang terus bertambah. Apalagi TPA itu dipergunakan juga untuk masyarakat Pulau Derawan dan Maratua. Jangan sampai sampahnya mencemari perairan, yang notabenenya menjadi salah satu wisata andalan di Berau,” tegasnya, saat menghadiri Musrenbang, Senin (6/3/2023).

Dijelaskannya, lahan TPA yang saat ini dipergunakan statusnya masih pinjam pakai dari pihak perusahaan. Dan informasi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, TPA di Tanjung Batu saat ini tidak lagi dapat digunakan dalam waktu lama. Hal ini dikarenakan berkaitan dengan hutan bakau. 

“Sudah tidak direkomendasikan juga oleh DLHK, jadi sebaiknya pemkab segera mengambil tindakan. Bukan hanya untuk penanganan sampah saat ini tetapi juga untuk jangka panjang kedepannya nanti,” tambahnya.

Dirinya pun berharap, solusi untuk masalah ini cepat ada. Apalagi ini juga menyangkut objek wisata yang tak pernah sepi didatangi wisatawan, baik lokal maupun wisatawan mancanegara. Karena kebersihan juga merupakan salah satu faktor kenyamanan bagi wisatawan. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *