Literasi Digital Penting untuk Dongkrak Pemahaman Politik

oleh -326 views
Tri Wahyuni dalam acara pelatihan perempuan dan politik dalam rangka peningkatan partisipasi perempuan. (Helda/Dimensinews)

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS-

Pemahaman literasi digital terutama berkaitan dunia politik, di kalangan kaum hawa saat ini bisa disebut masih sulit. Indeks pengguna media sosial yang semakin tinggi di era sekarang, menjadi salah satu kekhawatiran penyebaran hoax. Apalagi melihat mayoritas pengguna media sosial saat ini adalah kaum perempuan yang minim pemahaman.

Hal ini diungkapkan Tri Wahyuni Ketua Forum Jurnalis Indonesia (FJPI) Kaltim dalam acara pelatihan Perempuan dan Politik dalam rangka peningkatan partisipasi perempuan dalam bidang politik pada Senin (20/3/2023) yang digelar Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Berau di Balai Mufakat Tanjung Redeb, Kabupaten Berau.

Tri Wahyuni yang juga Tim Ahli Komisi IV DPRD Kaltim, sebagai pemateri tentang Gerakan Perempuan Pemenuhan Kebutuhan Praktis,
Menurut Yuni, masih banyak perempuan di Indonesia yang terjebak dalam arus informasi tidak benar alias hoax. Ia pun menganggap literasi digital menjadi poin penting untuk mengatasi maraknya berita hoax.

“Kesempatan saat ini, saya harus menyampaikan tentang Literasi Digital. Itu kita lihat, banyak perempuan di Indonesia yang masih apatis untuk terlibat dalam politik akibat dari sajian hoax yang sering muncul di media sosial. Dan itu sudah kita buktikan sendiri,” ungkap Yuni yang juga Pemimpin Redaksi Busam (Bubuhan Samarinda) ini.

Dijelaskan juga, perempuan di zaman digital saat ini, lebih sering menggunakan media sosial untuk mencari informasi tentang perkembangan daerah, maupun hal-hal bersifat khusus. Hal itu dinilai Yuni akan menjadi kondisi yang paling harus dijaga.

“Antusias peserta bertanya menunjukkan, mereka penasaran dengan pemahaman tentang politik. Artinya mereka saat ini masih bimbang tentang nilai-nilai politik sebagai ujung tombak kebijakan yang bisa mensejahterakan kaum perempuan,” terangnya.

Kegiatan yang dihadiri 60 peserta, turut dihadiri Anggota DPR RI Hetifah Sjaifudian dan Asisten Deputi PUG Bidang Politik dan Hukum, Darmawan, secara daring. Turut hadir membuka acara M.Hendratno Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Berau mewakili Bupati Berau Hj Sri Juniarsih M Pd.

Sementara itu Dewi peserta mengaku, materi yang dipaparkan menjadi pengetahuan baru tentang literasi digital.
“Saya juga sering terjebak berita. Apalagi di musim pemilu ya, kita sering jadi seperti teradu domba. Di sini saya dapat pelajaran baru yang mana nanti kedepan, harus betul-betul membaca berita yang sumbernya jelas,” kata Dewi, perwakilan organisasi perempuan di Berau. (hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *