Peluang dan Kesempatan Perempuan Terjun ke Politik

oleh -257 views
Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra M Hendratno bersama peserta pelatihan .(dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS- Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Berau, M Hendratno berharap, bahwa dengan adanya pelatihan perempuan di Balai Mufakat, Senin-selasa (21-22/03/2023) merupakan modal awal untuk memberikan kesempatan yang sama dan juga mendorong terwujudnya kesetaraan hak serta kewajiban politik bagi perempuan di Kabupaten Berau.

Harapan ini dipaparkan Hendratno yang mewakili Bupati Berau dalam pembukaan pelatihan Perempuan dan Politik yang di laksanakan DPPKBP3A ( Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ) Kabupaten Berau dalam rangka hari perempuan sedunia.

“Besar harapan saya, ajang ini akan menjadi pintu yang membukakan begitu banyak peluang dan kesempatan bagi kaum perempuan di kabupaten Berau untuk terjun dan terlibat dalm dunia politik,” tuturnya.

Ia menjelaskan, kegiatan pelatihan ini merupakan momentum yang penting. Dimana, capaian akhir dari pelatihan ini diharapkan dapat memotivasi sekaligus menginspirasi kaum perempuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya anggota, khususnya keterlibatan serta peningkatan partisipasi perempuan dalam bidang politik untuk kesejahteraan.

Ia menjelaskan, kegiatan pelatihan ini merupakan momentum yang penting. Dimana, capaian akhir dari pelatihan ini diharapkan dapat memotivasi sekaligus menginspirasi kaum perempuan guna meningkatkan kualitas sumber daya anggota, khususnya keterlibatan serta peningkatan partisipasi perempuan dalam bidang politik untuk kesejahteraan.

“Apalagi kita akan menyongsong pemilu 2024, tentunya sangat memerlukan partisipasi dari kaum perempuan. Yang mana diharapkan, akan lahir figur yang representatif yang mampu memperjuangkan kepentingan kaum perempuan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya pun mendorong peran aktif dari DPPKBP3A Kabupaten Berau beserta seluruh perangkat terkait untuk senantiasa melakukan kegiatan pemberdayaan kepada kaum perempuan di kabupaten Berau.

“Laksanakan program berbasis kemandirian bagi perempuan dan kelompok rentan. Kita buktikan, bahwasanya perempuan mampu berdaya dan tidak hanya terus bergerak dalam sektor domestik rumah tangga, tetapi juga hadir di ruang-ruang publik,”katanya.

Kegiatan DPPKBP3A dilaksanakan dalam dua hari dengan jumlah peserta 60 orang, termasuk perwakilan dari 18 partai politik dan yang tergabung dalam organisasi perempuan kabupaten Berau.

Pelatihan ini menghadirkan pemateri asisen Deputi PUB Bidang Politik dan Hukum Darmawan M Si, dan Wakil ketua Komisi x DPR RI Dr Ir Hetifah Sjaifudin MPP , yang keduanya ssecara online, Tri Wahyuni SH MH staf ahli DPRD Kaltim yang juga ketua Forum Jurnalis Perempuan Kaltim, Maria Yosephy untuk materi public speaking, Eddy Supratikno St MT dari Kesbangpol Berau, serta ketua KPU Berau Budi Harianto. (hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *