Mulai Sore Ini PLN Jamin Tak Ada Pemadaman Bergilir

oleh -876 views
Bupati Berau Sri Juniarsih Mas bersama GM UID Kaltimra dan manajer PLN UP3 Berau, meninjau proses pengoperasian mesin berdaya 7 MW di PLTD Sambaliung. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

PLN Berau menjamin tidak akan ada lagi pemadaman bergilir. Ini setelah 7 mesin dengan total daya 7 MW, masuk ke Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Sambaliung.

“Saya mendapat informasi kalau sore ini mesin ini sudah siap diinstal dan dioperasikan. Dengan berfungsinya mesin ini diharapkan untuk selanjutnya tidak ada lagi pemadaman listrik di Berau,” jelas Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, ketika melakukan peninjauan ke PLTD Sambaliung, Jumat (31/3/2023).

Untuk Jumat sore ini, mesin yang dioperasikan yakni sebesar 2 MW, yang selanjutnya akan digunakan secara bergantian dan saling memback up.

“Jadi kalau ada mesin yang rusak, bisa diback up dengan mesin lainnya. Kecuali kalau ada faktor alam yang tidak bisa diprediksi misalnya gangguan binatang, maka itu bisa saja terjadi pemadaman,” tegasnya.

Mesin dengan total daya 7 MW yang berada di PLTD Sambaliung, mulai sore ini akan dioperasikan. (Ria/Dimensinews)

General Manager Unit Induk Distribusi (UID) Kaltimra, Joice Lanny Wantania, menjelaskan jika apa yang disampaikan oleh Bupati Berau, memang benar. Untuk selanjutnya tidak akan ada lagi pemadaman bergilir.

“Pemantauan ini juga menjadi check point kami untuk melihat, sejauh mana kesiapan mesin-mesin yang sudah disiapkan untuk memback up dan mengakhiri masa defisit listrik yang ada di Berau,” terang Joice.

Dikatakannya, untuk kesiapan 100% hingga semua mesin bisa kembali berfungsi normal adalah di minggu kedua bulan April. Namun, sejak beberapa hari terakhir sudah terlihat perubahan dimana sudah jarang terjadi pemadaman.

“Harapannya, ketika masuk 2 MW sore ini, jadi back up juga ketika ada gangguan, sehingga ketersediaan pasokan listrik aman sampai selanjutnya,” tambahnya. (Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *