Tak Ada Kenaikan Harga Dadakan Jelang Lebaran Idul Fitri

oleh -284 views
Sekretaris Diskoperindag Berau, Zulfahmi. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Berau, menegaskan bahwa harga kebutuhan pokok akan tetap stabil hingga menjelang Lebaran Idul Fitri.

“Sesuai kesepakatan bersama bahwa para pedagang akan menjalankan ketentuan yang ada. Jadi, tidak ada yang namanya kenaikan harga dadakan. Juga penimbunan bahan pokok yang menyebabkan harga melambung tinggi,” jelas Sekretaris Diskoperindag Berau, Zulfahmi, ditemui usai melakukan sidak kebutuhan pokok bersama Bupati Berau, Rabu (5/4/2023).

Dikatakannya, sidak ini akan dilakukan secara kontinyu untuk meminimalisir kemungkinan penumpukan bahan pokok. Juga untuk kestabilan harga di masyarakat. Sehingga peluang pedagang melakukan kecurangan harga juga tidak ada.

Kepala Bidang Perdagangan Diskoperindag Berau, Fitriansyah juga menyebut jika sampai saat ini tidak ada kenaikan harga untuk komoditi pokok seperti beras, gula, minyak goreng, tepung terigu dan tepung beras. Sedangkan untuk jenis sayur mayur, harga ditentukan pedagang karena langsung diperjualbelikan di pasar.

“Harga yang dibanderol pedagang masih harga standar sesuai yang ditentukan. Dan dari Diskoperindag Berau sendiri juga sudah tiga kali melakukan operasi pasar baik di kampung maupun kecamatan, untuk mengantisipasi kenaikan harga,” terangnya.

Meskipun harga komoditi pokok belum ada kenaikan, namun diperkirakan untuk telur, daging ayam, daging sapi, dan cabe akan mengalami kenaikan harga jelang Lebaran Idul Fitri. Namun semua itu diantisipasi dengan kerjasama Diskoperindag dan Bulog, dengan menjual daging sapi impor atau daging sapi beku ke masyarakat dengan harga normal yakni Rp 105 ribu per kilogramnya. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *