Situs Sejarah Berau Perlu Direvitalisasi

oleh -267 views
Makam raja pertama Berau, Baddit Dipatung yang merupakan salah satu situs sejarah Berau. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Berau yang terkenal dengan objek wisata beragam mulai dari bahari hingga budaya, tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Karena itulah keberadaan situs sejarah juga harus dijaga.

“Salah satunya makam raja pertama Berau yakni Baddit Dipatung, yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Revitalisasi lokasi makam dan akses menuju makam, harus diperbaiki. Karena ini merupakan salah satu potensi wisata sejarah di Berau,” terang Wakil I Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya’diah, Jumat (14/4/2023).

Sari menyebut jika hal tersebut juga menjadi catatan saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Gunung Tabur. Kata dia, dengan adanya revitalisasi dapat mengenang dan menggiatkan kembali situs-situs sejarah di Bumi Batiwakkal.

Dirinya menyampaikan khususnya kepada Bapelitbang, agar situs-situs sejarah seperti makam raja-raja dapat dianggarkan di tahun 2024 mendatang. Menurutnya, kondisi situs sejarah sekarang masih ada yang belum layak untuk dikunjungi.

“Kami mendorong agar program revitalisasi ini bisa masuk ke dalam anggaran 2024, sehingga kita tidak kehilangan sejarah masa lalu kabupaten Berau,” harapnya. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *