Geruduk Disnaker Berau, Ratusan Buruh Sampaikan Aspirasi

oleh -439 views
FBI Berau saat melakukan orasi di halaman kantor Disnakertrans Berau. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Buruh Indonesia (FBI) Berau, mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dengan membawa beberapa aspirasi, seperti anti penindasan terhadap buruh. Termasuk diantaranya larangan terhadap kebebasan berserikat.

Bukan tanpa alasan, aksi yang dilakukan para buruh ini merupakan salah satu bagian dari peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day, yang jatuh pada 1 Mei 2023 ini.

Massa buruh dari berbagai perusahaan di Berau itu berkumpul di lapangan pemuda kemudian melanjutkan orasinya di halaman kantor Disnakertrans di Jalan Murjani II Tanjung Redeb.

“Kami masih merasa dihalang-halangi. Perbudakan juga masih terjadi baik di sektor tambang maupun perkebunan. Pekerja kelapa sawit contohnya, meskipun sudah bekerja selama bertahun-tahun, statusnya tetap sebagai buruh harian lepas,” jelas Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) FBI Berau, Suradi ditemui saat melakukan orasi, Senin (1/5/2023).

Selain itu, FBI juga menolak sistem kerja kontrak yang diberlakukan saat ini. Dimana semuanya didasarkan atas UU Cipta Kerja. Dan perlu adanya revisi untuk UU nomor 13/2003 tersebut.

“Kembalikan lagi dan mari bela nasib buruh, khususnya nasib putra daerah Bumi Batiwakkal. Kalau bukan kita siapa lagi yang mau membela nasib buruh. Mari bersatu untuk memperjuangkannya bersama-sama,” tegasnya.

Aksi para buruh itu pun berjalan tertib hingga bubar di siang hari. Ini juga setelah adanya pertemuan mediasi dengan pihak Disnaker, dan mencari beberapa solusi masalah yang dihadapi termasuk pemanggilan dan mempertemukan perusahaan dengan pihak FBI Berau. (Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *