Peran BPK Sama Pentingnya dengan DPRD

oleh -365 views
Ketua DPRD Berau, Madri Pani. (Ist)

PULAU DERAWAN.DIMENSINEWS –

Ketua DPRD Berau, Madri Pani mengapresiasi gelaran musyawarah Daerah (Musda) dan rapat kerja daerah Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) seluruh Indonesia, yang digelar di Pulau Derawan, Kamis (4/5/2023).

Dikatakannya, BPK sangat penting keberadaannya karena tugas dan fungsinya yang sama seperti DPRD Berau yakni sebagai fungsi pengawasan, hanya saja kalau BPK pengawasannya di pemerintahan kampung. Sedangkan DPRD pengawasannya di tingkat kabupaten.

“Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi. Tapi, menjadi bagian koreksi bagi pemerintah dan DPRD juga. Dengan adanya BPK yang mengawasi dan memberikan masukan, maka roda pemerintahan kampung juga akan semakin baik,” jelas Madri.

Namun, dikatakannya ada koreksi kepada pemerintah pusat, dimana anggota BPK tidak mendapatkan porsi yang sama dengan aparatur kampung. Padahal BPK yang juga sebagai bagian dari aparatur kampung berhak mendapatkan hak sama.

“Misalnya, untuk anggaran operasional dan jaminan kesehatan atau BPJS. Berdasarkan undang-undang desa, hanya pemerintah kampung yakni kepala kampung dan aparat kampung, yang berhak mendapatkannya. Padahal kinerja BPK yang banyak ini juga seharusnya bisa mendapatkan BPJS ini,” tambahnya.

Karena kebijakan itu bukanlah berasal dari Pemkab Berau, melainkan dari pemerintah pusat. Setidaknya Pemkab Berau juga dapat memperjuangkan anggota BPK untuk mendapatkan fasilitas BPJS. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *