Penanganan Banjir Diperlukan Kerjasama Beberapa OPD

oleh -331 views
Ketua DPRD Berau, Madri Pani. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Permasalahan banjir Berau yang terjadi setiap tahunnya di kala curah hujan tinggi, seperti sudah biasa-biasa saja. Padahal, dari banjir di tahun-tahun sebelumnya, seharusnya Pemkab bisa melakukan evaluasi untuk antisipasi kedepannya.

“Contohnya untuk penanganan banjirnya yang setiap tahun melanda beberapa kampung, yang harusnya menjadi perhatian serius Pemkab Berau. OPD mulai dari Dinsos, DPUPR, BPBD hingga PDAM harus bisa mengantisipasi,” jelas Ketua DPRD Berau, Madri Pani, dihubungi Rabu (10/5/2023).

Bupati selaku Kepala Daerah, dikatakan Madri harus memberikan instruksi agar OPD-OPD bisa segera turun ke lapangan membantu warga terdampak banjir, karena efeknya bisa secara aspek sosial ekonomi.

“Dinsos misalnya, segera membangun dapur umum. DPUPR tinjau jalan yang bisa dibangun gorong-gorong agar air dapat keluar masuk dengan lancar dan mempercepat surutnya air. BPBD harus turun juga ke lapangan, siapkan perahu karet untuk evakuasi warga,” tambahnya.

Dirinya mengatakan semua fasilitas untuk penanganan tanggap darurat, harus dipersiapkan dan diberdayakan, bahkan sebelum terjadinya banjir. Sehingga saat banjir datang, semuanya sudah siap.

Sedangkan untuk Dinkes, bisa membangun posko atau manfaatkan fasilitas kesehatan terdekat, untuk menangani kesehatan warga terdampak banjir. PDAM juga mesti turun membantu penyediaan air bersih. Berapapun anggaran yang dibutuhkan, tidak perlu dirapatkan karena ini bersifat urgent.

“Dinas Pertanian dan Peternakan juga harus ke lokasi. Amati ternak dan lahan warga yang rusak akibat banjir. Selain itu, pihak ketiga juga harus ikut membantu dengan menyalurkan CSR sebagai bentuk tanggungjawab sosialnya ke masyarakat,” tutup Madri. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *