Baru 4 Parpol yang Menyerahkan Berkas ke KPU Berau

oleh -354 views
Ketua KPU Berau, Budi Hariyanto. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Hingga Kamis (11/5/2023) siang, tercatat baru 4 partai politik (Parpol) yang menyerahkan berkas ke KPU Berau. Padahal, periode penyetoran berkas Bacaleg hanya tersisa 4 hari lagi.

Ketua KPU Berau, Budi Hariyanto menyebut, beberapa Parpol memang sudah memberikan konfirmasi kedatangannya untuk menyerahkan berkas tersebut. Bahkan ada yang sudah bersurat secara resmi.

“Ada beberapa yang bersurat, dan ada juga yang masih lisan. Kalau yang bersurat resmi akan kita jadwalkan jam kedatangannya, agar tidak terjadi penumpukan. Tapi ada juga beberapa Parpol yang belun ada konfirmasi apapun ke KPU terkait penyerahan berkas tersebut,” terang Budi Hariyanto.

Dari keempat Parpol yang menyerahkan berkas sejak hari Selasa (9/5/2023) kemarin, semuanya memenuhi persyaratan pendaftaran yang ada, yakni pendaftaran berkas secara online atau digital dan juga berkas fisiknya.

“Dan keempat Parpol itu mengajukan total 30 nama Bacaleg untuk setiap Parpolnya. Sedangkan untuk keterwakilan perempuan juga sudah memenuhi syarat minimal 30 persen,” tambahnya.

Dirinya berharap, untuk Parpol lainnya bisa segera memberikan konfirmasi kepastian penyerahan berkas Bacaleg. Karena tempat yang terbatas, dikhawatirkan akan terjadi penumpukan massa Parpol.

“Kalau sudah jelas bisa kita atur jam kedatangannya. Takutnya nanti pas hari terakhir di tanggal 14 Mei 2023 itu menumpuk, karena kantor KPU saat ini juga terbatas,” tutupnya. 

Untuk pengumuman akhir jumlah Parpol yang mendaftar Bacaleg dalam Pemilu 2024 mendatang, akan dilakukan pada tanggal 15 Mei 2023. Ini setelah kesempatan penyerahan berkas Bacaleg yang masih dibuka hingga hari Minggu pukul 23.59 WITA. Melewati jam tersebut, maka Parpol yang mendaftar tidak akan diterima. (Ria) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *