Ketua Bapemperda Apresiasi Capaian Opini WTP Pemkab Berau

oleh -286 views
Ketua Bapemperda DPRD Berau, Sakirman. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Ketua Bapemperda DPRD Berau, Sakirman memberikan apresiasi atas capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diperoleh oleh Pemkab Berau, atas Laporan Hasil Pemeriksaan BOJ RI untuk LKPD Kabupaten Berau tahun 2022.

Dikatakannya, dengan capaian itu menunjukkan bahwa kinerja Pemkab Berau yang sangat baik dalam pengelolaan laporan keuangan. Apalagi ini sudah didapatkan hingga berturut-turut sampai keenam kalinya.

“Ini berarti laporan yang disajikan oleh Pemkab Berau sudah lengkap, dan memenuhi semua syarat yang ada. Karena opini WTP diberikan oleh audit ketika tidak menemukan kesalahan yang material, secara keseluruhan dan laporan keuangan. Dan ini patut diapresiasi,” jelas Sakirman, Kamis (11/5/2023).

Tak adanya kesalahan dalam laporan artinya laporan yang ada sudah dibuat sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku (SAK). Dengan kata lain, Pemkab Berau bekerja dengan baik sehingga opini tersebut bisa kembali diraih.

“Itu juga menunjukkan bahwa adanya kerjasama yang apik antara OPD atau dinas yang ada. Sehingga laporan keuangan yang dibuat juga bisa tersusun lengkap dan rapi. Dimana itu juga merupakan perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik,” tambahnya.

Opini WTP atau unqualified opinion sendiri artinya menyatakan laporan keuangan entitas yang diperiksa, menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *