Jaga Keberlangsungan Buper Mayang Mangurai

oleh -354 views

TELUK BAYUR.DIMENSINEWS –

Anggota DPRD Kaltim Makmur HAPK berharap Pemkab Berau dan Kwarcab Pramuka bisa menjaga keberlangsungan bumi perkemahan (Buper) Mayang Mangurai. Pasalnya, kondisi Buper itu sangat memperihatinkan.

Saat meninjau lokasi, Makmur sangat prihatin dengan kondisi Buper yang tidak terawat dan lokasi yang dikelilingi aktivitas galian pertambangan batubara. Kondisi ini, terkesan adanya pembiaran fasilitas yang dibangun dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Sudah beberapa kali saya mendapatkan aduan soal Buper Mayang Mangurai ini. Aspirasi yang disampaikan pegiat Pramuka ini berharap agar Buper tidak dirusak akibat aktivitas pertambangan,” ujar Makmur, saat meninjau lokasi Buper beberapa hari lalu.

Kondisi miris Buper saat ini dikatakannya harus menjadi tanggungjawab bersama antara Pemkab dan Kwarcab Pramuka Berau. Apalagi ini merupakan fasilitas peninggalan pemimpin terdahulu yang harus dijaga.

“Anggaran daerah besar. Kalau untuk perawatan fasilitas saja pasti bisa. Apalagi Pemkab Berau bersama Forkopimda sebagai Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Berau dan bertanggungjawab menyelesaikan permasalahan ini.

Dari informasi yg diketahuinya, kemungkinan lokasi Buper itu masuk dalam konsesi salah satu perusahaan pertambangan di Kecamatan Teluk Bayur. Tapi sebagai pemerintah daerah, dikatakannya tentu memiliki kewenangan untuk mengarahkan perusahaan, untuk turut serta menjaga keberlangsungan Bumi Perkemahan Mayang Mangurai.

“Ajak serta pihak ketiga dalam melakukan pengelolaan menjadi solusi terbaik. Tidak hanya diperuntukkan untuk lokasi perkemahan, juga bisa digunakan untuk event-event lain. Saya menolak dan keberatan dengan wacana tukar guling. Lokasi direhabilitasi dengan baik dan dapat difungsikan seperti dulu,” tegas Makmur. (*/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *