Pokjanal Posyandu Rumuskan Aksi Lintas Sektor

oleh -325 views
Rapat pokjanal Kamis (22/6/2024) di ruang kakaban setkab Berau. (Helda/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Dinas Kesehatan Masyarakat melalui Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas ) mengumpulkan berbagai instansi terkait pada Kamis pagi (22/6/2023)  dalam rapat Pokjanal (kelompok kerja operasional)  Posyandu di ruang Kakaban Setkab Berau.

Habibah Ayu Nuraini S KM mewakili Kabidnya Suhartini S KM MAP, dalam rapat memaparkan bahwa pokjanal  bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan menjadikan posyandu sebagai lembaga yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Untuk meningkatkan koordinasi pembinaan fasilitasi ,advokasi dan dukungan dalam meningkatkan fungsi kinerja posyandu maka diperlukan komitmen , kesamaan pemahaman dan kerjasama sehingga akan terjadi singkronisasi dankerjasama lintas sektor yang ada, dan dalam menyusun rencana yang tertata dengan baik sehingga pelaksanaan peningkatan fungsi posyandu holistik integratif,” papar Habibah Ayu.

Pokjanal posyandu. (Helda/Dimensinews)

Adapun manfaat dari pokjanal posyandu ini, akan ada tersedia data dan informasi dalam skala Kabupaten  tentang keadaan dan maupun perkembangan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan program posyandu.

Dengan menyampaikan data informasi dan masalah kepada instansi lembaga terkait untuk penyelesaian , tindak lanjut serta menganalisa masalah dan kebutuhan intervensi program berdasarkan pilihan alternatif pemecahan masalah sesuai dengan potensi dan kebutuhan lokal.

Dalam rapat pokjanal ini diikuti peserta dari Bapelitbang, DPMPK, TP PKK, DPPKBP3A, Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian dan Peternakan, Kabid perlindungan jaminan sosial, Kabid pemberdayaan dinsos Berau dan Kabid Kelembagaan Paud dan Dikmas Bahasa dan sastra Disdik, Kabid Kesejhteraan Rakyat Setda Berau Kabid Komunikasi dan Informatika Ketua Pokja IV PKK Berau dan ketua pokja II PKK Berau.

Dalam rapat  ini jajaran Kabid ini mensinkronkan baik itu data maupun informasi mengenai Posyandu. Seperti di DPPKB,  yang rapat di hadiri Diani. Disebutkan kalau fihaknya selama ini telah menjalankan Gerakan ayo ber KB (Keluarga Berencana) dan ke Posyandu. (adv/kes/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *