Bupati Harap Bazar dan Pasar Murah Menambah Kesejahteraan UMKM

oleh -329 views
Bupati Berau Sri Juniarsih Mas melihat salah satu hasil kerajinan di bazar UMKM dan pasar murah Diskoperindag Berau. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Seperti peringatan Hari Koperasi Nasional tahun sebelumnya, di tahun ini Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau kembali menggelar bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pasar murah di halaman kantornya. Diikuti puluhan UMKM, bazar diserbu masyarakat khususnya untuk mendapatkan sembako seperti gula dan beras dengan harga terjangkau.

“Dengan adanya bazar UMKM dan pasar murah ini, masyarakat dapat melihat ragam jenis pilihan produk lokal Berau. Mulai dari makanan, minuman hingga kerajinan asli dari Berau. Melalui binaan Dekranasda dan Diskoperindag Berau, kegiatan ini akan menambah semangat bagi kemajuan dan kesejahteraan sektor UMKM,” jelas Bupati Berau Sri Juniarsih Mas saat membuka bazar UMKM dan pasar murah pada peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76, Rabu (12/7/2023).

Bupati pun berharap jika kegiatan ini bisa dilakukan secara berkesinambungan. Karena secara tidak langsung juga mempromosikan potensi UMKM yang ada di Berau. Dan Pemkab juga memiliki komitmen meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha berbasis pariwisata dan kearifan local, melalui dua program prioritas yaitu pembangunan kawasan terpadu pusat seni budaya, dan kreativitas.

“Yang salah satunya adalah kawasan UMKM terpadu serta menyediakan fasilitas pembinaan, pelatihan, serta kredit lunak kepada UMKM. Dorongan untuk memaksimalkan potensi ekonomi kreatif di Kabupaten Berau, juga terus dilakukan,” tambahnya.

Dikatakan Bupati, saat ini terdapat sejumlah inisiatif yang sedang dilakukan untuk memajukan sektor UMKM, seperti menciptakan perbaikan iklim kemudahan usaha, yang memungkinkan siapa saja bisa mengakses pasar yang lebih luas, pembiayaan serta mengembangkan kapasitas usaha seluas-luasnya. 

Selain itu, UMKM di Berau sudah mulai berkembang, baik industri rumahan maupun kelompok usaha, yang bertujuan untuk memasarkan hasil produk terbaik, promosi, serta investasi sehingga produk khas Berau semakin dikenal sekaligus mensejahterakan kampung dan masyarakat Berau.

Dengan gelaran Bazar UMKM dan Pasar Murah ini, diharapkan agar dapat menghimpun UMKM, BUMK, usaha mandiri maupun industri rumah tangga untuk memasarkan hasil produk terbaik, promosi, serta investasi lainnya. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *