OPD Diminta Dukung dan Jalin Kerjasama dengan PKK

oleh -241 views
Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 tingkat Kabupaten Berau, di Balai Mufakat, Senin (17/7/2023). (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 tingkat Kabupaten Berau, faktor penting penggerak di dalamnya diharapkan dapat ikut menyukseskan program pemerintah, yang diselaraskan dengan 10 program pokok PKK. Untuk itu, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas mengimbau seluruh OPD senantiasa mendukung dan menjalin kerjasama dengan PKK.

“Mengamati kiprah dan kontribusi gerakan PKK selama ini, maka kerjasama ini penting, guna terwujudnya sasaran kinerja OPD dalam rangka menunjang percepatan pembangunan daerah, memahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang, serta merumuskan solusi kebijakan yang strategis dan tepat sasaran,” terang Pj Sekda Berau Agus Wahyudi yang membacakan amanat Bupati Berau dalam acara HKG PKK di Balai Mufakat, Senin (17/7/2023).

Bupati Berau meminta agar ibu-ibu sebagai roda penggerak utama PKK, bisa menjadi pelopor dalam membimbing dan memberdayakan perempuan dan keluarga yang sejahtera. Seperti saat ini, dimana keberadaan PKK sangatlah penting. Contoh, jika pengelolaan dalam rumah tangga salah maka akibatnya bisa fatal. 

“Misalnya untuk pengelolaan makanan, jika asal-asalan maka akan menyebabkan stunting. Jadi posisi PKK dimana ibu sebagai penggerak utamanya, sangat dibutuhkan mulai dari lingkup keluarga,” jelas Pj Sekda Berau, Agus Wahyudi.

Karenanya, program yang dirancang PKK haruslah selaras dengan kebutuhan masyarakat. Untuk itu, kepada para Ketua PKK agar menjadi ketua yang aktif melakukan pembinaan kepada anggotanya, mampu bekerja sama dan berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait.

“Kemudian, yang juga perlu saya tekankan ialah persoalan pencegahan stunting, yang sejatinya adalah pekerjaan rumah kita bersama. Namun, secara khusus saya berpesan kepada PKK, agar dapat memotivasi keluarga dan masyarakat dalam mengonsumsi makanan yang sehat bergizi, dan memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan. Karena tidak dapat dipungkiri, sosok wanita adalah sosok yang paling dekat dengan urusan gizi keluarga. Untuk itu, mulailah dari keluarga dan sinergikan program organisasi dengan pemerintah,” tutupnya.

Acara HKG PKK juga dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis trophy dan piagam penghargaan, kepada para pemenang dalam lomba di rangkaian HKG PKK ke-51, yang selanjutnya akan berlaga di HKG PKK tingkat Provinsi Kaltim yang rencananya akan digelar di Tenggarong Kutai Kartanegara. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *