Duta Wisata 2023 Miliki Bekal Promosikan Wisata Berau

oleh -549 views
Aji Pamudi dan Elda Aurelia terpilih sebagai Duta Wisata Berau 2023. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata Berau kembali digelar tahun ini oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau. Ini merupakan tahun ke-17 sejak dilaksanakan pemilihan pada 2006 silam. Seperti tahun sebelumnya, pembekalan pun diberikan untuk semua finalis, yang diharapkan nantinya bisa langsung menjalankan tugasnya mempromosikan wisata Berau.

Seperti biasa, animo masyarakat khususnya generasi muda yang ikut mendaftar mengikuti pemilihan Duta Wisata ini sangat banyak. Untuk 2023, sebanyak 52 peserta mendaftar yakni 19 pria dan 33 perempuan. Namun, hanya 24 orang yang terpilih untuk melaju ke babak penyisihan selanjutnya. Dan setelah melalui proses panjang, pasangan Aji Pamudi dan Elda Aurelia terpilih sebagai Duta Wisata Agai dan Ulai. Kemudian gelar Putri Pariwisata diraih oleh Fitri Elin.

Penilaian pun dilakukan dengan sistem tertutup dan terbuka, dimana untuk penilaian tertutup dimulai sejak hari pertama karantina pada Sabtu (21/7/2023) hingga Minggu (22/7/2023) sebesar 70 %. Kemudian 7 pasangan finalis yang terpilih penilaiannya 30% berlanjut pada hari puncak pemilihan, Minggu (23/7/2023).

Putri Pariwisata Berau 2023, Fitri Elin. (Ist)

Dari data Disbudpar Berau, hingga tahun ini sudah 200 orang tercatat sebagai Duta Wisata Berau, yang tergabung dalam Asosiasi Duta Wisata Berau (ADWB). Dengan pembekalan yang diberikan selama proses pemilihan dan potensi masing-masing, beberapa orang sudah bisa memasuki posisi pekerjaan dalam BUMD dan BUMN.

“Dari ratusan orang yang berstatus duta wisata, mayoritas dari mereka memiliki ribuan follower dalam akun sosial medianya, bahkan ada yang menjadi selebgram. Sehingga potensi untuk mempromosikan pariwisata Berau sangat terbuka lebar,” jelas Kadisbudpar Berau, Ilyas Natsir.

Pembekalan yang diberikan kepada Duta Wisata pun bukan hanya sekadar tentang pariwisata. Perkembangan ekonomi kreatif dan kebudayaan serta kemampuan berbicara di depan umum, merupakan bekal matang bagi promosi wisata Berau. Bahkan, tak hanya Duta Wisata, Berau kini juga memiliki Duta Budaya, Putri Pariwisata dan Putri Otonomi. Sehingga diharapkan dengan bekal lengkap itu, mereka siap menjalankan tugasnya sebagai duta Berau dalam promosi pariwisata. (Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *