Pemeriksaan Berkas Calon Kakam Harus Lebih Detil

oleh -299 views
Penyerahan daftar pemilih tetap dari Ketua KPU kepada Bupati Berau Sri Juniarsih Mas. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas dengan tegas meminta panitia pemilihan kepala kampung (Pilkakam) baik di tingkat kecamatan maupun tingkat kampung, bisa lebih detil memeriksa berkas calon kepala kampung (kakam) yang masuk.

“Saya meminta semua panitia pilkakam ini bisa teliti, lebih detil memeriksa semua berkas calon kakam. Jangan sampai ada yang terlewat, karena melihat dari sebelumnya dimana pernah ada kakam yang ternyata berkasnya tidak sah, padahal dirinya sudah lolos dan terpilih menjadi kakam,” jelas Sri Juniarsih, saat membuka santiaji bimtek panitia pilkakam kecamatan dan kampung pada pilkakam serentak 2023, di ruang Bapelitbang, Selasa (25/7/2023).

Dikatakan Bupati, dengan adanya bimtek panitia Pilkakam ini, diharapkan panitia pilkakam dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara benar, efektif dan efisien. Apalagi tugas panitia pilkakam juga sudah diatur dalam Perbup nomor 58 tahun 2019 pasal 14, dimana tugasnya yakni mulai dari tahap perencanaan, pengkondisian hingga pasca pemilihan.

Santiaji Bimbingan Teknis panitia Pilkakam kecamatan dan kampung, di ruang Bapelitbang, Selasa (25/7/2023). (Ria/Dimensinews)

“Karena ini menyangkut SDM dan kinerja Kakam saat sudah menjabat, maka berkas pribadi calon kakam harus dicek secara teliti. Kalau ada ditemui masalah bisa lngsng koordinasi dengan camat atau Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK). Sehingga masalah yang muncul bisa cepat diatasi,” tambahnya.

Bupati pun berharap, pelaksanaan Pilkakam dapat berjalan dengan baik sebagaimana pelaksanaan Pilkakam sebelumnya. Dan melalui Pilkakam serentak yang merupakan proses kedaulatan rakyat di kampung dalam rangka memilih Kakam yang bersifat umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, bisa dihasilkan Kakam amanah yang dapat memajukan kampungnya.

Bimtek gelaran DPMK ini, dilaksanakan 2 hari yang diikuti oleh panitia Pilkakam dari 53 kampung di 12 kecamatan di Berau. Untuk gelombang pertama diikuti 64 orng dari Kecamatan Teluk Bayur, Gunung Tabur, Sambaliung, Tabalar, Biatan dan Talisayan. Dan untuk hari kedua diikuti 66 orang dari Kecamatan Kelay, Segah, Derawan, Maratua, dan Bidukbiduk. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *