Aksi Perubahan Langit Biru Berau Wujudkan Kesadaran Lingkungan Sehat dan Sejahtera

oleh -317 views
Aksi perubahan langit biru Berau, di SMA Negeri 1 Tanjung Redeb. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS-

Program langit biru (blue sky) merupakan program  27 tahun lalu, dicanangkan  melalui Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup no 15 tahun 1996. Meski demikian program terus digalakkan.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Ida Ayu S Pi, M.P kembali  menghangatkan sosiaisasi kepada masyarakat Kabupaten Berau program langit biru, Selasa (1/8/2023) di SMA Negeri 1 Tanjung Redeb dalam rangka aksi perubahan langit biru Berau.

Disebutkan Ida, sosialiasi bertujuan untuk mendukung perubahan langit biru Berau dalam upaya pengelolaan dan pengendalian pencemaran udara untuk meningkatkan kualitas udara dan mengurangi emisi karbon demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Berau yang memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi , sehat dan sejahtera.

Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DlHK Berau, Ida Ayu, mensosialisasikan Aksi Perubahan Langit Biru Berau. (Dok)

Apa saja yang dipaparkan dalam langit biru Berau ini ?

Seperti pencemaran udara,  asap kendaraan yang semakin lama berdampak, bahkan semakin banyak gas co yang berada di udara. Kemudian pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar tidak ramah lingkungan seperti gas, batubara dan minyak. Ini menghasilkan gas berbahaya sehingga menyebabkan pencemaran udara. Selain itu ada limbah pertanian, asap industri dan kegiatan pertambangan, aktivitas rumah tangga, kebakaran hutan, tumpukan hutan dan penebangan hutan.

Lalu, bagaimana cara pengendalian lingkungan ?

Dipaparkan oleh Ida Ayu Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungn Hidup, siswa SMA 1 Tanjung Redeb dan masyarakat Berau dapat mengurangi bahan yang sulit terurai. “Seperti mengurangi pengunaan plastik, minuman air mineral yang mengunakan botol sekali pakai. Bisa minum mengunakan botol yang dibawa dari rumah,” katanya kepada siswa.

Begitupula dengan tas belanja, bisa dikurangi dengan membawa tas belanja dari rumah, ini merupakan salah satu upaya mengurangi sampah plastik.

Sementara itu, Samsul S Pd, Waka Kesiswaan SMA Negeri 1 Tanjung Redeb menyambut baik sosialisasi langit biru Berau, yang cukup mendapat respon dari siswa.

“Sangat baik, dan  mengedukasi kepada siswa tentang perlunya menjaga lingkungn sejak dini, udara yang bersih dan lingkungan hijau untuk memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat,” kata Samsul.

Kegitan aksi perubahan langit biru Berau, oleh Ida Ayu Kabid Pengndalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di DLHK Berau, memiliki kegiatan kolaborasi dengan NGO Lingkungan Hidup Kamis (20/7/2023) di kantor DLHK Berau, sosialisasi ke sekolah sekolah, selain ke SMA Negeri 1 Tanjung Redeb, sosialissi di SMP Negeri  3 Jalan Mangga 2 Tanjung Redeb pada Rabu (2/8/2023) , sepeda santai (4/8/2023) di depan kantor DLHK Jalan APT Pranoto Tanjung Redeb, penanaman pohon pada hari lingkungan hidup Senin (7/8/2023) di SMP 1 Gunung Tabur , Car Free Day Minggu (20/8/2023) di jalan Jenderal Ahmad Yani Tanjung Redeb.

Langit Biru Berau merupakan makalah Ida Ayu S.Pdi M.P dalam rancangan aksi perubahan, peserta pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan II Pusat Pelatihan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah ,Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia tahun 2023. (hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *