Job Fair Diharapkan Kurangi Angka Pengangguran Usia Produktif

oleh -319 views
Asisten I Setkab Berau, M.Hendratno memukul gong tanda dimulainya job fair 2 gelaran Disnakertrans. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Pemkab Berau melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau kembali menggelar job fair 2, yang diikuti ribuan peserta pencari kerja, dan 19 perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Berau.

Dibuka Bupati Berau Sri Juniarsih Mas yang diwakili Asisten I Setkab Berau, M.Hendratno, job fair yang digelar selama 2 hari (5 dan 6 Agustus 2023) di ruang RPJMD Baplitbang ini, diharapkan akan dapat mengurangi angka pengangguran di Berau. Terlebih dengan semakin banyaknya perusahaan dan ritel yang ada, tentunya menjadi peluang bagi pencari kerja.

“Langkah ini harus terus didukung dan diapresiasi, sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan pencari kerja. Dengan semakin bertambahnya pencari kerja setiap tahunnya, tentu job fair menjadi salah satu solusi yang bagus,” terang Hendratno membacakan sambutan Bupati Berau.

Ribuan peserta ikuti job fair 2 gelaran Disnakertrans Berau. (Ria/Dimensinews)

Dikatakannya, melalui job fair ini juga akan dapat terserap banyak tenaga kerja, tentunya yang berkualitas dan memang siap bersaing, sehingga angka pengangguran di Berau juga bisa ditekan. 

Berdasarkan data yang tercatat di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) di tahun 2022, jumlah pencari kerja di Kaltim mencapai 8 ribu lebih, dengan adanya ketersediaan 4400 lowongan kerja. Dan pasar kerja di Kaltim masih bisa berkembang dengan dukungan berbagai pihak. Salah satunya yakni job fair yang menjadi awal terbentuknya hubungan antara pencari kerja dan penyedia kerja.

Sementara Plt Kepala Disnaker Berau, M.Said menyebut jika job fair tahun ini antusiasmenya sangat luar biasa. Diikuti ribuan peserta, diyakini job fair akan memberikan motivasi khusus bagi peserta. 

“Tujuan job fair ini adalah mempertemukan pencari kerja dan penyedia kerja, menyediakan informasi secara transparan, memberi kesempatan perusahaan mencari pekerja sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Dan merupakan upaya Disnaker mengurangi pengangguran usia produktif di Berau,” jelas M.Said. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *