Besok, Uji Coba Jembatan Sambaliung untuk R2 

oleh -330 views
Wakil Bupati Berau Gamalis bersama Asisten III Sekkab Berau meninjau kesiapan jembatan Sambaliung untuk dilintasi kendaraan R2 besok. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Penantian panjang masyarakat Kabupaten Berau akan dibukanya akses jembatan Sambaliung telah usai. Kamis (10/8/2023) besok, jembatan mulai dibuka untuk umum. Namun, masih terbatas untuk kendaraan roda dua (R2) saja. 

“Sesuai hasil kesepakatan bersama, kalau jembatan ini akan dibuka besok, dengan mekanisme uji coba yang dikhususkan hanya untuk roda dua atau kendaraan bermotor saja. Nanti pada uji coba ini kita lihat bagaimana hasilnya. Barulah kemudian bisa diputuskan apakah bisa dibuka total, baik untuk R2 maupun R4 atau mobil,” terang Wakil Bupati Berau Gamalis, ditemui usai rapat bersama pihak terkait, Rabu (9/8/2023) sore.

Uji coba yang dilakukan guna melihat bagaimana kondisi lalu lintas, animo masyarakat yang melintas, dan kesiapan dari fisik jembatan itu sendiri. Semua harus dipertimbangkan secara matang, karena jembatan Sambaliung juga menjadi akses utama bagi 6 kecamatan pesisir.

Meskipun sudah mulai dibuka esok hari, masyarakat tetap diminta bersabar, lantaran kepastian waktunya juga belum ada. Dengan kondisi turun hujan Rabu sore juga menjadi salah satu tertundanya kegiatan perbaikan jembatan.

“Tidak bisa dipaksakan juga. Karena setelah ditinjau langsung, ternyata ada pengerjaan yang tertunda akibat cuaca hujan tadi. Jadi kemungkinan jembatan mulai dibuka sore hari,” tambahnya.

Karena masih terbatas hanya bisa dilalui kendaraan R2, Gamalis meminta masyarakat yang menggunakan R4 masih menggunakan penyeberangan alternatif yang disediakan, yakni LCT di Limunjan. Sedangkan untuk penyeberangan khusus orang, secara bertahap akan dikurangi dan dihilangkan seiring terus berprosesnya pengerjaan penyelesaian jembatan.

“Semoga semuanya berjalan lancar sejak dibukanya besok. Dan sesuai target nanti di bulan September pengerjaan sudah selesai, dan jembatan bisa diakses semua jenis kendaraan baik R2 maupun R4,” tutupnya. (Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *