Perdana Dibuka, Ratusan Pengendara R2 Lintasi Jembatan Sambaliung

oleh -276 views
Ratusan pengendara R2 dari arah Tanjung Redeb bersiap untuk melintasi jembatan Sambaliung, usai resmi dibuka oleh Wabup Berau Gamalis. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Kamis (10/8/2023) sore, masyarakat Kabupaten Berau terlihat antusias menanti pembukaan jembatan Sambaliung. Bagaimana tidak? Sudah hampir tiga bulan penantian masyarakat, pasca dilakukan perbaikan sejak Juni 2023 lalu. Ratusan warga memadati jembatan meskipun hanya untuk sekadar melihat prosesi pembukaan jembatan.

Ratusan pengendara bermotor (R2) dari arah Tanjung Redeb maupun Sambaliung, bersiap melintasi jembatan. Bahkan, masyarakat rela berjalan kaki dari ujung ke ujung jembatan, hanya untuk melihat kondisi jembatan pasca diperbaiki dan diaspal, dan mengabadikannya dalam dokumentasi foto maupun video.

“Alhamdulillah hari ini jembatan Sambaliung sudah mulai bisa dilewati meskipun terbatas masih R2 saja. Dan setelah ini akan diberlakukan rekayasa lalu lintas, bagaimana agar arus kendaraan dua arah yakni dari dan ke Sambaliung, bisa berjalan lancar,” ucap Wakil Bupati Berau Gamalis, saat melakukan prosesi pembukaan jembatan Sambaliung.

Prosesi sebelum dilakukan pembukaan jembatan untuk R2. (Ist)

Setelah dibuka untuk uji coba, selanjutnya akan disiapkan petugas yang berjaga selama 24 jam, guna memantau kondisi arus lalu lintas di sepanjang jembatan Sambaliung. Ini untuk melihat bagaimana animo masyarakat dan juga bagaimana arus lalu lintas selama jembatan dibuka. Pasalnya, masih ada alat berat di posisi tengah jembatan, karena masih adanya pengerjaan hingga tuntas 100%.

“Karena belum tuntas 100% inilah, makanya dari pihak Pemerintah Provinsi melakukan pembatasan sementara hanya untuk R2 saja. Mudahan semua pengerjaannya bisa selesai sebelum Hari Jadi Kabupaten Berau pada 14 September nanti, dan bisa dibuka untuk dilewati R2 dan R4. Tentu ini akan jadi kado terbaik bagi masyarakat Kabupaten Berau,” tambahnya.

Tak lupa, Wabup Gamalis juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam percepatan perbaikan jembatan Sambaliung ini. Baik dari Pemprov, DPUPR Provinsi Kaltim, hingga masyarakat yang mau bersabar selama proses perbaikan berlangsung.

Pembukaan jembatan dimulai dengan proses adat tepung tawar dan beras kuning oleh Kesultanan Sambaliung. Kemudian doa bersama dan barulah pembukaan jalur untuk kendaraan R2 dari arah Sambaliung menuju Tanjung Redeb. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *