122 Mahasiswa Baru Poltek Simas Berau Coal Ikuti Bintalsik, 87 Diantaranya Penerima Beasiswa

oleh -355 views
Mahasiswa baru Politeknik Sinar Mas Berau Coal, mengikuti Bina Mental dan Fisik (Bintalsik) bersama Tim Skadron 13 Serbu. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Sebanyak 122 mahasiswa baru Politeknik Sinar Mas Berau Coal, mengikuti Bina Mental dan Fisik (Bintalsik) bersama Tim Skadron 13 Serbu, dan sebanyak 87 mahasiswa merupakan penerima manfaat beasiswa.

Seremoni pembukaan Bintalsik dan penyerahan beasiswa pendidikan untuk mahasiswa Poltek Simas Berau Coal tahun ajaran 2023 – 2024, yang digelar di halaman kampus Poltek Simas Berau Coal, Senin (14/8/2023).

Kegiatan bintalsik dan penyerahan beasiswa kepada mahasiswa penerima manfaat dilakukan oleh Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, melalui Staf Ahli bidang Pembangunan dan Perekonomian Sekkab Berau, Sujadi didampingi Manajemen PT Berau Coal. Turut Hadir Ketua DPRD Berau, Madri Pani, Wakapolres Berau, Kompol Rangga Abhiyasa, Camat, Lurah, dan Kepala Kampung sekitar wilayah operasional, Dampingan PPM PT Berau Coal.

Direktur Poltek Simas Berau Coal, Kris Adi Nugraha dalam sambutannya menyebut jika Poltek Simas Berau Coal bertanggungjawab mendidik dan memberikan keterampilan kepada mahasiswa. Dan setiap memasuki tahun ajaran baru, jumlah mahasiswa yang diterima terus meningkat. Hal tersebut menurutnya sebagai tanda bahwa Poltek Simas BC semakin diminati di kalangan pelajar di Kabupaten Berau.

Dengan begitu, diharapkan nantinya mahasiswa lulusan Poltek Simas BC ini bisa jadi orang berguna, punya daya saing, dan kompetensi. Karena bekal itulah yang sekarang banyak dicari di dunia industri. Dan Poltek Simas BC akan memberikan yang terbaik bagi mahasiswa.

“Diharapkan Bintalsik ini diikuti dengan baik oleh semua mahasiswa baru. Dan juga diperlukan ketekunan karena dalam kegiatan Poltek Simas BC ini menganut sistem vokasi, dimana 30% teori dan 70% praktikum. Dan lulusan dari Poltek Simas juga dibekali kompetensi dari lembaga sertifikasi profesi, yang nantinya bisa dipakai dimana saja,” jelas Kris Adi Nugraha.

Manajemen Berau Coal bersama Forkopimda dan perwakilan mahasiswa penerima beasiswa. (Ist)

Sedangkan Community Based Development Manager, Muhammad Sulaiman mengatakan jika pendampingan PT Berau Coal terhadap pendidikan dan peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Berau, sudah dilakukan mulai dari Program Wajib Belajar 12 Tahun hingga mereka masuk ke perguruan tinggi.

“Saat mereka berada di perguruan tinggi terutama Politeknik, mereka dibekali dengan berbagai pelatihan untuk peningkatan kompetensi. Setelah mereka lulus dari perguruan tinggi pun, PT Berau Coal masih ada program pendampingan seperti yang kita laksanakan pada beberapa saat yang lalu yaitu Program Pelatihan Pengawas Keselamatan Pertambangan (P3KP) dan Program Pelatihan Pengawas Pertambangan (P4),” terang Sulaiman.

Program Bintalsik sendiri adalah salah satu kurikulum yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, dimana program Bintalsik dipimpin langsung Tim Skadron 13 Serbu, Berau. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan dan menciptakan kedisiplinan, mental, dan attitude mahasiswa sehingga dapat menjadi pribadi yang tangguh secara mental dan fisik serta memiliki kedisiplinan yang menjadi modal dalam berkarya di masa depan.

Selain itu, pada momen yang sama PT Berau Coal juga menyerahkan beasiswa pendidikan di Politeknik Sinar Mas Berau Coal kepada 87 orang mahasiswa, melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Pt Berau Coal pilar pendidikan, yang merupakan wujud komitmen perusahaan dalam rangka mendukung kemajuan pendidikan dan mendorong peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Berau.

Bupati Berau, Sri Juniarsih melalui Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Sujadi juga menyambut baik terlaksananya Bintalsik dan penyerahan beasiswa ini. Terlebih, pendidikan vokasi menjadi sangat penting dalam upaya pemenuhan kebutuhan tenaga kerja khususnya persaingan kerja era kekinian.

“Tidak dapat dipungkiri, angkatan kerja dengan kemampuan spesifik kini menjadi kebutuhan utama hampir di seluruh bidang usaha, utamanya di lingkar industri. Dan atas nama Pemerintah Kabupaten Berau, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada segenap jajaran PT. Berau Coal, dalam hal ini Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal dan Politeknik Sinar Mas Berau Coal, yang hari ini kembali memberikan bantuan beasiswa untuk para pembelajar di Kabupaten Berau,” ucap Sujadi membacakan sambutan Bupati Berau.

Dikatakannya lebih lanjut, ini merupakan satu langkah yang mencerminkan keseriusan sekaligus konsistensi dari PT. Berau Coal, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan profesional unggul di Kabupaten Berau, melalui pemberian bantuan dana pendidikan bagi mahasiswa kita yang dinilai berprestasi dan memenuhi syarat.

Ketua DPRD Berau yang juga hadir dalam seremoni memberikan apresiasi terlaksananya kegiatan ini. Apalagi, untuk beasiswa akan sangat bermanfaat khususnya bagi warga kurang mampu. Sehingga mereka bisa merasakan pendidikan yang setara dengan lainnya.

“Sangat bagus, dan kita harapkan program ini terus berkelanjutan, dengan semakin banyaknya mahasiswa yang diberikan beasiswa untuk berkuliah di Poltek Simas Berau Coal. Karena di Berau terutama di kampung-kampung, masih banyak yang tidak mampu mengakses pendidikan hingga ke perguruan tinggi, karena keterbatasan biaya,” kata Ketua DPRD Berau, Madri Pani.

Salah satu penerima beasiswa dan peserta Bintalsik, Maria Anggelina dari Kampung Tasuk mengaku kaget saat didatangi tim dari Berau Coal. Dan setelah dilakukan verifikasi, dirinya lebih terkejut lantaran terpilih sebagai salah satu penerima beasiswa.

“Sistemnya saat berkuliah di Poltek Simas Berau Coal ini, IPK tidak boleh kurang dari 3,25. Dan saya senang sekali bisa mendapatkan beasiswa ini. Kesempatan ini akan saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya, membanggakan orang tua, dan mengharumkan nama Kabupaten Berau kedepannya,” terang perempuan lulusan SMAN 5 Berau, yang kini mengambil jurusan Mesin di Poltek Simas Berau Coal. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *