Kasus Turun 71 Persen, Gunung Panjang Jadi Kampung Bebas Narkoba 

oleh -205 views
Bupati Berau Sri Juniarsih Mas bersama Forkopimda, dalam launching kampung bebas narkoba di Kelurahan Gunung Panjang. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Kelurahan Gunung Panjang Kabupaten Berau dicanangkan menjadi Kampung Bebas Narkoba. Hal ini lantaran kasus penyalahgunaan narkoba di kelurahan tersebut menurun drastis hingga 71 persen. 

Jika di tahun 2022 berhasil mengungkap 89 kasus narkoba, dan 7 diantaranya terjadi di Kelurahan Gunung Panjang. Pada tahun 2023 ini, selama rentang waktu Januari hingga Agustus, Polres Berau berhasil mengungkap 48 kasus narkoba, dimana 2 kasus juga terjadi di Kelurahan Gunung Panjang.

“Harapan kedepannya, wilayah ini benar-benar bebas dan bersih dari narkoba. Dan dibutuhkan kerjasama yang baik semua pihak dan semua lapisan masyarakay, ketika melihat hal mencurigakan, bisa segera dilaporkan untuk dibina,” jelas Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, saat mencanangkan Kampung Bebas Narkoba, Selasa (22/8/2023).

Pencanangan kampung bebas narkoba ini merupakan kegiatan positif, untuk bersama sama dalam memerangi penyalahgunaan narkoba demi kemajuan daerah. Dan kampung bebas narkoba ini merupakan implementasi program pencegahan, serta pemutusan peredaran gelap narkoba. Diharapkan, untuk meminimalisir kasus penyalahgunaan narkoba melalui peningkatan kewaspadaan masyarakat, tentu dengan sinergitas yang baik beberapa pihak.

Deklarasi kampung bebas narkoba dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Gunung Panjang. (Ria/Dimensinews)

Kapolres Berau, AKBP Steyven Jonly Manopo dalam laporannya memaparkan jika dari 2020 sejak Januari hingga Desember, tercatat sebanyak 92 kasus narkoba yang berhasil diungkap. Pada 2021 ada 81 kasus, 2022 sebanyak 89 kasus, dan hingga Agustus 2023 ini ada 48 kasus narkoba yang diungkap.

“Ini jadi bukti serius Polres Berau dalam mencegah penggunaan narkoba. Karena efek dari narkoba itu luar biasa, efek negatifnya bisa merusak diri sendiri, keluarga, masyarakat dan negara. Dan program pembentukan dan pembinaan kampung bebas narkoba serta rehabilitasi pengguna narkoba, merupakan langkah-langkah penegak hukum dalam memberantas narkoba,” terang Kapolres Berau.

Melihat peningkatan kasus narkoba di Kabupaten Berau dari tahun ke tahun, Kapolres Berau juga meminta peran serta masyarakat khususnya orang tua dan lingkungan sekitar agar lebih peka terhadap hal-hal yang mencurigakan. Karena sasaran peredaran narkoba saat ini adalah seluruh lapisan masyarakat. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *