Sei Bebanir Bangun dan Gurimbang Akan Bebas Blank Spot

oleh -417 views
Sumber foto Diskominfo Provinsi Kaltim.

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Pemkab Berau terus berupaya menuntaskan permasalahan blank spot, dengan penyediaan jaringan internet hingga ke kampung-kampung. Dan di 2023 ini, dua kampung yakni Sri Bebanir Bangun dan Kampung Gurimbang, akan bebas dari blank spot.

“Dua kampung itu mendapatkan bantuan internet desa dari Pemprov Kaltim. Untuk saat ini kami belum tahu kapan direalisasikan, karena itu bantuan dari Diskominfo Kaltim, tapi yang jelas tahun ini,” jelas Kabid Penyelengaraan E-Government Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Berau, Rahmatia,

Dijelaskannya, internet desa yang dimaksud adalah berupa penguat sinyal atau repeater, yang bisa menerima dan mentransfer sinyal. Dan ini sangat berguna bagi kampung-kampung yang notabene lokasinya jauh dari pusat kota kabupaten.

Dan tidak bisa dipungkiri jika ketersediaan jaringan internet, menjadi faktor penting membangun ekosistem digital di desa. Sebab, saat ini kondisi desa berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Untuk internet desa ini, masih sangat dibutuhkan di Kabupaten Berau. Dan dengan adanya program 1000 titik WiFi gratis dari Pemkab Berau, semua kampung akan bisa mendapatkan akses internet.

“Mudah-mudahan bantuan internet desa ini ada lagi di tahun selanjutnya. Tahun ini, mungkin karena keterbatasan anggaran dari provinsi, makanya hanya dua kampung yang mendapatkan bantuan tersebut,” tutupnya.

Diskominfo Provinsi Kaltim sendiri menarget, sebanyak 55 desa tersebar di 6 kabupaten akan terkoneksi jaringan internet pada tahun 2023 ini. Bantuan internet desa dari Diskominfo Kaltim dipasang melalui jaringan Fiber Optik (FO). Dengan kapasitas bandwidth internet dedicated 50 Mbps per titik. Program bantuan internet desa ini, bekerja sama dengan BUMN PT Telkom dan PT Icon+. (Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *