Bimtek PAUD – HI Diharapkan Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi

oleh -199 views
Bimtek PAUD-HI di SKB Tanjung Redeb, yang dibuka oleh Bupati Berau Sri Juniarsih Mas. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Berau menggelar bimtek pengembangan anak usia dini (PAUD) Holistik Integratif (HI), dengan menghadirkan 100 pengajar dari satuan PAUD di seluruh Kabupaten Berau. Bimtek yang berlangsung selama 3 hari ini, diharapkan bisa meningkatkan kreativitas dan inovasi guru PAUD dalam mengajar.

“Atas nama Bunda PAUD dan Pemerintah Kabupaten Berau, saya menyambut baik pelaksanaan kegiatan Bimtek pada hari ini, yang merupakan wujud keseriusan kita dalam melakukan pembinaan untuk penyiapan generasi yang berkualitas,” jelas Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, saat membuka Bimtek di SKB, Jalan Ramania II, Senin (4/9/2023) pagi. 

Dikatakannya, pada usia dini, seorang anak berada di usia keemasan dan sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan unik. Pada usia ini, anak-anak mulai tumbuh dengan pola perkembangan motorik halus dan kasar, daya pikir, daya cipta, bahasa, dan komunikasi. Semua itu tercakup dalam kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ) dan kecerdasan agama atau religius (RQ).

Bupati berfoto bersama peserta Bimtek PAUD-HI se-Kabupaten Berau. (Ist)

“Untuk itu, tumbuh kembang anak usia dini perlu diarahkan pada peletakan dasar-dasar yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia seutuhnya, yaitu secara holistik (menyeluruh) dan integratif (menggabungkan berbagai unsur agar semakin padu). Inilah yang nantinya akan dibahas lebih lanjut pada Bimtek hari ini. Sehingga, ikutilah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Kepala Disdik Berau yang diwakili Sekretaris Ambo Sakka, dalam laporannya menyebut jika bimtek PAUD-HI ini merupakan bantuan dari Kemendikbud Ristek pada 100 lembaga pendidikan di 6 lokasi stunting tertinggi di Berau.

“Karena pengembangan anak usia dini secara utuh meliputi kesehatan, gizi, rangsangan pendidikan, pembinaan moral, sehingga anak bisa tumbuh optimal sesuai kelompok umur. Dan ini dimulai dari pendidikan di PAUD. Dan saat ini sudah ada 12 fasilitator terdiri dari unsur Disdik dan lainnya, yang tersebar di seluruh Kabupaten Berau. Mereka bertugas melakukan pendampingan seluruh lembaga PAUD di Berau,” ujar Ambo Sakka.

Di samping itu, kegiatan bimtek ini juga merupakan implementasi dari terbitnya PP Nomor 60 Tahun 2013, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM sekaligus mendorong tumbuh kembang anak usia dini agar lebih optimal. Dimana aturan ini sejatinya sangat sejalan dengan komitmen Pemkab Berau, dalam meningkatkan kualitas SDM yang cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur. (ADV/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *