Desember 2024, Deadline Tahap Konstruksi RSUD Baru 

oleh -367 views
Peletakan batu pertama proses pembangunan RSUD type C yang baru, dimulai hari ini. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Pembangunan rumah sakit umum Daerah (RSUD) baru mulai berjalan. Sabtu (16/9/2023) pagi di Jalan Sultan Agung, Bupati, Wabup dan Forkopimda telah melakukan peletakan batu pertama, sebagai awal pembangunan rumah sakit baru dengan type C tersebut.

“Setelah 29 Desember 2022 lalu penetapan lokasi, akhirnya hari ini sudah mulai bisa dilakukan pembangunan. Pembangunan RSUD ini merupakan komitmen Pemkab dalam rangka meningkatkan sarpras publik yang berkualitas khususnya di bidang kesehatan. Dan ini program kerja almarhum Bupati sebelumnya dan saat ini telah dilanjutkan,” jelas Bupati Berau, Sri Juniarsih.

Dikatakannya, posisi Berau yang merupakan salah satu wilayah penyangga IKN tentunya memerlukan fasilitas kesehatan representatif yang lengkap. Apalagi selama ini masyarakat masih harus rujuk ke luar daerah untuk berobat, dengan adanya RS baru ini nantinya harapannya akan bisa membantu RSUD Abdul Rivai yang ada saat ini. 

“Pembangunan dilaksanakan secara bertahap melalui kontrak multi years dengan anggaran pertama sebesar Rp 300 miliar, sesuai dengan MoU yang sudah ditandatangani bersama DPRD Berau. Dan seluruh fasilitas juga akan dilengkapi bertahap. Meskipun saat ini yang dibangun masih RS type C, tapi sambil berprogres akan diajukan menjadi type B,” tambahnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, Fendra Firnawan dalam laporannya menyebut jika saat ini sedang dalam pematangan lahan seluas 5 hektare dari total luasan 10 hektare yang tersedia. Kemudian akan dilanjutkan dengan tahap pembangunan kontruksi bangunan, dengan nilai kontrak Rp 248 miliar lebih, hingga Desember 2024 mendatang.

“Lahan yang akan dibangun saat ini seluas 5 hektare. Dan sisanya yang 5 hektare untuk pengembangan RS di masa datang, misalnya untuk penambahan fasilitas-fasilitas pendukung yang dibutuhkan,” terang Fendra.

Dijelaskannya pula, untuk tahap awal pembangunan ini nantinya akan ada 113 bed atau tempat tidur yang disediakan. Dan juga ada beberapa ruangan yakni instalasi jenazah, dapur, radiologi, rehabilitasi medik, farmasi, poliklinik, laboratorium , IGD, Hemodialisa, ruang bedah, perinatologi, ICU, dan ditunjang genset, gas medis serta instalasi pengolahan limbah dan tempat pembuangan sementara air limbah. (Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *