Irau Manutung Jukut, Pesta Rakyat yang Benar-Benar Merakyat

oleh -287 views
Irau Manutung Jukut di sepanjang tepian Pulau Derawan, dalam rangka Hari Jadi ke-70 Kabupaten Berau dan ke-213 Kota Tanjung Redeb. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Ribuan masyarakat Berau memadati sepanjang tepian Jalan Pulau Derawan pada Minggu (17//2023) pagi, untuk ikut merayakan euforia pesta rakyat Irau Manutung Jukut (pesta bakar ikan), yang selalu menjadi agenda tahunan di hari jadi Kabupaten Berau. 

Semua lapisan masyarakat, tua dan muda, bahkan Bupati dan Wakil Bupati Berau ikut dalam acara ini, berbaur dengan masyarakat bersama-sama membakar dan makan ikan.

Di hari jadi ke-70 Kabupaten Berau dan ke-213 Kota Tanjung Redeb ini, Pemkab Berau menyiapkan kurang lebih 15 ton ikan, yang dibagikan kepada peserta stand, baik dari OPD, BUMN, BUMD, sekolah hingga organisasi. Pesta rakyat yang selalu dipusatkan di sepanjang pusat kuliner tepian ini, menjadi agenda yang ditunggu-tunggu masyarakat.

Irau Manutung Jukut dalam bahasa Berau yaitu pesta bakar ikan. Pesta bakar ikan ini telah menjadi agenda tahunan dari Pemda Kabupaten Berau. Puncak dari festival ini adalah menyantap ikan bakar bersama oleh seluruh warga yang hadir.

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas dan Wabup Berau Gamalis, ikut membakar ikan dalam Irau Manutung Jukut. (Ist)

300 lebih stand yang ada menampilkan beragam informasi menarik, dengan hiasan-hiasan sedemikian rupa, guna menarik pengunjung. Seperti stand Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Berau, yang hadir membawa mobil pelayanan kependudukan keliling. Kemudian di stand Perumdam Batiwakkal, yang menyediakan doorprize bagi pengunjung yang beruntung. 

Tak mau kalah, stand sekolah juga ikut menampilkan kreasi dan prestasi sekolahnya masing-masing, seperti tarian Dayak yang ditarikan di tengah-tengah pengunjung, sambil memberikan informasi seputar budaya dan kesenian Berau. 

Salah satu stand sekolah menyuguhkan hiburan tarian Dayak bagi pengunjung. (Ria/Dimensinews)

Meskipun terik matahari cukup menyengat, tak membuat pengunjung surut. Bahkan, hingga tengah hari banyak stand yang masih mempersilakan pengunjung untuk mampir menikmati ikan bakar yang ada. Adanya kue-kue tradisional Berau juga menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat. 

Beberapa pengunjung yang ditemui mengaku jika agenda Irau Manutung Jukut ini adalah yang paling ditunggu saat hari jadi Kabupaten Berau. Karena selain bisa menikmati ikan bakar sepuasnya secara gratis, juga menjadi ajang edukasi bagi buah hati, mengenalkan budaya Berau. (Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *