Kios Souvenir dan Kuliner di Tanjung Batu Ditata Ulang

oleh -293 views
Pemkab Berau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) pun melakukan penataan kios souvenir atau cinderamata dan kuliner khas Berau di sisi kiri depan gerbang pelabuhan Sidayang, Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan. (Ist)

DERAWAN.DIMENSINEWS –

Menjadi pintu gerbang pulau–pulau wisata di Kabupaten Berau, Kampung Tanjung Batu perlu dilakukan penataan pelaku UMKM. Selain untuk meningkatkan pendapatan UMKM, juga akan terlihat lebih rapi.

Pemkab Berau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) pun melakukan penataan kios souvenir atau cinderamata dan kuliner khas Berau di sisi kiri depan gerbang pelabuhan Sidayang, Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas didampingi Wakil Bupati, Gamalis pada Kamis (21/9/2023) kemarin, menyempatkan diri meninjau langsung kondisi di lapangan. Dalam kesempatan itu, Sri Juniarsih juga melakukan komunikasi dengan para pedagang kuliner, apakah mereka merasa terganggu dengan adanya pembangunan kios-kios tersebut.

Sejumlah pedagang yang ditemui menyatakan tidak mempersoalkan adanya pembangunan kios souvenir tersebut. Sebab kondisi seperti ini sifatnya sementara, dan pada gilirannya nanti para pedagang kuliner harus pindah bersebelahan dengan pedagang souvenir, setelah kios – kios kuliner pada saatnya nanti terbangun.

“Alhamdulillah tidak ada keluhan dari pedagang atau pelaku kuliner, dengan proses pembangunan kios – kios souvenir ini. Karena ini kan sifatnya sementara, dan akses menuju kios – kios kuliner ini tidak tertutup. Sehingga konsumen masih tetap bisa menikmati kuliner yang disajikan oleh para pedagang,” terang Sri Juniarsih kepada sejumlah awak media.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Berau, Ilyas Natsir yang pada saat itu turut mendampingi Bupati dan Wakil Bupati juga menambahkan, pembangunan ini dilakukan secara bertahap. Dan setelah pembangunan ini semua selesai, pada gilirannya nanti akan dibangun lagi kios – kios untuk khusus kuliner.

“Salah satunya adalah melakukan pembangunan kios cinderamata kawasan pintu masuk KSPN Derawan dan sekitarnya, serta pembangunan toilet pariwisata pintu gerbang KSPD Derawan sekitarnya , yang nilainya Rp 1.001.360.000, dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2023, yang pembangunannya dimulai tanggal 18 Juli hingga 15 Oktober 2023 mendatang,” urai Ilyas. (Er/Oz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *