PMI Berau Mitra Pemerintah

oleh -489 views
Pemotongan tumpeng oleh Ketua PMI Berau yang diserahkan kepada Asisten I Setkab Berau. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Palang Merah Indonesia (PMI) Berau merupakan mitra pemerintah di dalam penanganan bencana dan kesehatan di Kabupaten Berau. Dan di usia ke 78 tahun ini, PMI sejak pertama kali dibentuk pada 17 September 1945 tepat 1 bulan setelah Proklamasi Kemerdekaan, sudah sangat banyak hal yang dilalui PMI dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan baik pada masa damai maupun dalam situasi darurat atau bencana.

Kalimat tersebut merupakan penggalan isi sambutan Ketua Umum PMI Pusat, H.M. Jusuf Kalla yang dibacakan Ketua PMI Kabupaten Berau, H. Agus Tantomo dalam acara Peringatan HUT PMI Ke-78 yang berlangsung di Aula Tangguh Kantor BPBD Kabupaten Berau, yang dirangkaikan dengan acara Pembukaan Pelatihan Pendidikan Dasar Korps Sukarela (KSR) PMI Berau Tahun 2023, Jum’at (22/09/2023).

Acara yang berlangsung khidmat dan sederhana tersebut dihadiri oleh Bupati Berau yang diwakili Assisten I, M. Hendratno, Dandim 0902/BRU, Kapolsek Tanjung Redeb, Jajaran Pengurus PMI Kabupaten dan Kecamatan, perwakilan Markas PMI Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Kepala Puskesmas Bugis, Kalak BPBD, Perwakilan PT Berau Coal, Kepala Unit Siaga SAR Berau, Wakil Rektor UM Berau serta sejumlah Relawan Markas PMI Berau.

Ketua PMI Kabupaten Berau, H. Agus Tantomo dalam acara Peringatan HUT PMI Ke-78 yang berlangsung di Aula Tangguh Kantor BPBD Kabupaten Berau, Jum’at (22/09/2023). (Ist)

Acara dimulai dengan laporan Ketua Panitia, Nofian Hidayat yang merupakan Pengurus PMI Kabupaten Berau Bidang Relawan.

“Kita mengetahui bersama bahwa PMI Berau selama ini terlibat di kegiatan-kegiatan sosial bersama instansi terkait. Hal tersebut mencerminkan bahwa PMI merupakan mitra pemerintah dan saya berharap akan selalu ada ketika dibutuhkan”, ucap Bupati Berau melalui sambutan yang disampaikan Assisten I, M. Hendratno.

Hendratno juga berharap, momentum HUT PMI kali ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh PMI Berau untuk terus menambah keterampilan personelnya.

“Hari ini kita juga akan membuka acara Pelatihan Pendidikan Dasar untuk Korps Sukarela PMI Berau. Saya sangat berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi personel PMI Berau, agar semakin terampil saat bertugas di lapangan. Dan terakhir, saya pribadi sangat berharap agar Bapak Agus Tantomo dapat terus memimpin PMI Berau dengan penuh semangat, agar PMI Berau dapat terus meningkat kinerja nya”, tambahnya.

Lebih lanjut, Ketua PMI Berau, H. Agus Tantomo melalui sambutannya menyatakan terima kasih kepada pemerintah dan stakeholder yang telah banyak membantu PMI Berau selama ini. Baik dukungan moril maupun materil.

“Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah dan sejumlah pihak mitra yang telah banyak membantu kami di dalam menjalankan roda organisasi PMI Berau selama ini. Khususnya di periode kepemimpinan saya, banyak merasakan manfaat dari itu semua, terutama dalam menjalankan tugas-tugas kepalangmerahan di tengah-tengah masyarakat”, tambahnya.

Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua PMI Berau yang diserahkan kepada Asisten I Setkab Berau disaksikan seluruh tamu undangan, dan dilanjutkan dengan kegiatan Pelatihan Korps Sukarela yang berlangsung mulai tanggal 22-28 September 2023, diikuti sebanyak 20 orang peserta yang berasal dari Relawan Markas PMI Berau, PMI Kecamatan, mahasiswa UM Berau dan masyarakat umum. Dengan fasilitator yang berasal dari PMI Provinsi Kalimantan Timur dan PMI Kabupaten Berau.
(HmsPMI_Berau).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *