Bupati Berau Apresiasi Upaya Poltek Sinar Mas Berau Coal Gelar Seminar Nasional Persiapkan SDM Siap Kerja

oleh -298 views
Bupati Berau Sri Juniarsih Mas membuka seminar nasional bertema "Peran Pendidikan Vokasi dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Siap Kerja." (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Persaingan di dunia kerja kian ketat, dan para generasi muda dituntut untuk dapat bersiap menghadapinya. Dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) muda menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks, Politeknik Sinar Mas Berau Coal (Poltek Simas BC) menggelar seminar nasional bertema “Peran Pendidikan Vokasi dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Siap Kerja.”

Seminar ini berlangsung pada Sabtu, 23 September 2023, di Tokyo Ballroom Hotel Bumi Segah, Tanjung Redeb. Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Bupati Berau, Sri Juniarsih, Kepala Kejaksaan Negeri Berau, Hari Wibowo, perwakilan Polres Berau, perwakilan Dandim Berau, manajemen PT Berau Coal, serta 250 peserta yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa.

Politeknik Sinar Mas Berau Coal (Poltek Simas BC) menggelar seminar nasional bertema “Peran Pendidikan Vokasi dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Siap Kerja.” (Ist)

Para peserta mendapat kesempatan untuk mendengarkan tiga pemateri hebat, yaitu Wikan Sakarinto, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek periode 2020-2022, Arif Wiedhartono, Direktur Operasional & HSE PT Berau Coal, serta Nanang Rizal Achyar, Direktur Sumber Daya Manusia PT Bukit Makmur Mandiri Utama.

Bupati Berau, Sri Juniarsih yang hadi membuka acara, dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap upaya Poltek Simas BC dalam mempersiapkan generasi muda Berau menghadapi tantangan di dunia kerja.

Ia mengatakan, kegiatan ini bukti keseriusan PT Berau Coal, dalam mempersiapkan dan mengembangkan potensi pemuda pemudi Berau, agar menjadi SDM yang unggul dan memiliki daya saing.

“Selama ini keberadaan PT Berau Coal, memang membawa angin segar, baik bagi pendidikan, kesehatan maupun kepedulian terhadap anak-anak muda di Bumi Batiwakkal,” katanya.

Bupati Sri Juniarsih juga menyoroti pentingnya pendidikan vokasi dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang memiliki mental kuat, pemikiran luas, dan siap bekerja di dunia industri. Ia mendorong pengembangan lembaga pendidikan khusus yang dapat melatih tenaga kerja lokal agar memiliki keahlian dan keterampilan di berbagai bidang.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan PT Berau Coal untuk memprioritaskan tenaga kerja lokal sesuai dengan amanat Perda nomor 8 tahun 2018 tentang Penyerapan Tenaga Kerja Lokal, yang mengharuskan minimal 80 persen tenaga kerja lokal terserap.

“Maka dari itu perlu disadari, bahwa tenaga kerja lokal adalah tanggung jawab kita bersama, yang kesejahteraannya harus menjadi prioritas,” ujarnya.

Dirinya juga memuji Poltek Simas BC karena telah meluluskan banyak tenaga kerja profesional yang berkontribusi pada pembangunan Berau. Ia mendorong Poltek untuk terus meningkatkan kualitas dan prestasi, serta berinovasi agar dapat menarik minat siswa Berau untuk memilih Poltek sebagai tempat melanjutkan pendidikan mereka.

“Semoga Poltek terus akan berinovasi, sehingga menarik para siswa Berau agar memilih Poltek sebagai sekolah lanjutannya, sehingga kemudian bersemangat membangun Kabupaten Berau,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Sinar Mas Berau Coal, Kris Adi Nugraha, menjelaskan bahwa seminar nasional ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan pendidikan dengan menyediakan SDM yang terampil dan berkualitas melalui pendidikan vokasi.

“Pendidikan vokasi dapat menciptakan sumber daya manusia yang siap kerja karena pada pendidikan ini lebih mengedepankan ilmu praktik yang bisa langsung diterapkan di dunia kerja,” ucapnya.

Kris juga menekankan peran penting pendidikan vokasi dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja di era modern ini. Ia berpendapat bahwa pendidikan vokasi dapat menghasilkan lulusan dengan kualitas dan kuantitas yang sesuai dengan bidang yang mereka tekuni.

Selain itu, Kris menyoroti bahwa industri saat ini membutuhkan tenaga kerja yang tidak hanya cekatan dan terampil tetapi juga memiliki sikap dan soft skill yang baik, siap beradaptasi dengan perubahan, inovatif, dan daya tahan tinggi. Oleh karena itu, pendidikan vokasi yang mencakup berbagai bidang menjadi sangat penting dalam mengembangkan potensi SDM menjadi lebih baik.

Pendidikan vokasi, menurut Kris, berfokus pada keahlian dan kepakaran yang khas serta mempersiapkan lulusan untuk bersaing secara global dengan keterampilan dan teknologi aplikatif.

“Peran pemerintah dan perusahaan adalah mendorong pertumbuhan pendidikan dengan memanfaatkan pendidikan vokasi yang meningkatkan kemampuan individu pada SDM untuk mendukung sektor pendidikan,” ungkapnya.

Seminar nasional ini menjadi langkah awal dalam mempersiapkan pemuda-pemudi Berau untuk bersaing di dunia kerja yang penuh tantangan, dengan harapan bahwa pendidikan vokasi akan menjadi landasan kuat untuk pencapaian kesuksesan mereka.

Sementara itu, salah seorang peserta seminar dari SMAN 7 Berau, Fajar Apriliansyah mengaku sangat senang menjadi bagian dari peserta seminar Poltek Simas Berau Coal. Menurutnya, banyak hal yang dia dapat dari seminar tersebut. Terutama, mengenai gambaran industri dunia kerja.

“Saya banyak mendapat gambaran dasar mengenai dunia kerja. Dan ini yang tidak saya dapat di bangku sekolah sekarang. Saya senang dan berterimakasih kepada Poltek Simas Berau Coal, telah melibatkan sekolah kami,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *