Pemkab Harus Pahami Sumber dan Tujuan Kenaikan Pendapatan Transfer dari Pusat

oleh -289 views
Anggota DPRD Berau, Fery Kombong. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Pemerintah Kabupaten Berau seharusnya melakukan analisis lebih lanjut untuk memahami sumber dan tujuan kenaikan dan Pendapatan Transfer dari Pemerintah Pusat. Hal ini diungkapkan oleh fraksi Amanat Indonesia Raya (AIR) yang dibacakan oleh Fery Kombong, pada paripurna 5 September 2023 lalu.

Dijelaskannya, kenaikan signifikan dalam pendapatan transfer dari pemerintah pusat dan pendapatan transfer antar daerah, adalah berita baik bagi Kabupaten Berau. Ini menunjukan potensi tambahan alokasi dari pemerintah pusat dan memperkuat kerjasama dengan pemerintah provinsi Kalimantan Timur.

“Kenaikan tersebut sebagian besar disebabkan oleh peningkatan bagi hasil pajak dan bagi hasil bukan pajak, yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Karena itu perlu dilakukan analisis karena hal ini dapat membantu dalam pengoptimalan alokasi anggaran dan memastikan pengunaan dana yang efektif serta transparan,” ucapnya.

Pendapatan Transfer antar daerah yang meningkat, juga mengindikasikan hubungan kerjasama yang semakin erat antara Kabupaten Berau dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Komponen seperti dana bantuan keuangan dan dana bagi hasil seharusnya digunakan untuk mendukung proyek-proyek kerjasama yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Penggunaan dana yang akuntable dan transparan, adalah kunci untuk memastikan manfaat maksimal dari pendapatan transfer ini. Kabupaten Berau dapat memanfaatkan kenaikan ini untuk merencanakan proyek-proyek jangka panjang, yang mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, insfrastruktur, pendidikan dan sektor-sektor penting lainnya,” tambahnya.

Secara keseluruhan, kenaikan pendapatan transfer adalah peluang positif bagi Kabupaten Berau, tetapi pengelolaan yang bijaksana perlu diutamakan agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal oleh masyarakat. Dengan kata lain, dana ini harus dialokasikan dengan bijaksana, untuk mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *