Antisipasi ISPA, Rudi Minta Pemkab Berau Atasi Kabut Asap

oleh -247 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi P.Mangunsong. (dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Mangunsong meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk mengatasi kabut asap di Bumi Batiwakkal, terutama akibat pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi belakangan ini.

Menurut Rudi, kabut asap yang menerpa beberapa kecamatan akhir-akhir ini, selain berdampak pada pencemaran lingkungan tetapi juga berimplikasi negatif pada kesehatan manusia. Terutama terhadap penyakit ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) yang bisa saja muncul bila antisipasi dini tidak dilakukan.

“Sebab kita harus waspada Ispa itu sangat bahaya. Karena kemarin saya perhatikan juga kabut di Berau pekat sekali,” jelasnya.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, ungkap Rudi, perlu untuk kembali memeriksa kadar kepekatan udara di Berau. Tujuannya untuk melihat lebih jauh dampaknya terhadap lingkungan dan manusia.

“Saya juga mengimbau kepada instansi terkait untuk segera lakukan progres kadar kepekatan udara. Karena ini juga menyulitkan aktivitas masyarakat,” terangnya.

Berbagai dampak buruk yang ditimbulkan dari pekatnya kabut asap itu, lanjut Rudi, mesti ditangani segera. Karena itu diperlukan solusi konkret yang perlu diimplementasikan, terutama yang berdampak bagi anak-anak sekolah.

“Karena kabut asap ini bisa dibilang termasuk bencana. Saya harap BPBD juga bisa aktif berikan masker buat anak sekolah. Para pelajar juga saya minta untuk tetap gunakan masker,” imbuhnya.

Rudi juga mengusulkan agar ke depan bila kabut asap tersebut masih terus terjadi dan kian berisiko, metode pembelajaran dari rumah atau work from home (WFH) dapat juga diterapkan.

“Kalau asap makin pekat, saya dukung metode belajar WFH lewat zoom,” tutupnya. (Adv/jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *