Banyak Kegiatan Hanya Berorientasi Pada Selesai Target 

oleh -357 views
Anggota DPRD Berau, M.Ichsan Rapi. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

DPRD Berau menganggap jika banyak kegiatan pembangunan selama ini hanya berorientasi pada target selesainya, bukan hasilnya. Hal ini diungkapkan fraksi Amanat Indonesia Raya (AIR) saat memberikan catatan bagi Pemkab Berau di rapat Paripurna beberapa waktu lalu.

Dibacakan M.Ichsan Rapi, dikatakannya banyak kegiatan yang dilakukan selama ini, hanya berorientasi pada keluaran saja yaitu selesainya pekerjaan tersebut, dan tidak pada hasil pada pekerjaan tersebut.

“Seperti pariwisata, sampai saati ini pariwisata banyak dijadikan alasan suatu pekerjaan yaitu untuk mendukung sektor pariwisata. Tetapi data menunjukan bahwa sektor ini jalan ditempat karena sangat kecil dalam memberikan kontribusi (sekitar 1 persen) terhadap perekonomian Berau secara umum yang dapat dilihat dari PDRB,” jelasnya.

Kemudian jalan usaha tani, banyak jalan dibuat dengan nama Jalan Usaha Tani tetapi hasil pertanian dan perkebunan masyarakat tidak meningkat. Ada juga irigasi, dimana banyak jaringan irigasi dibuat tetapi hasilnya tidak ada.

“Konstruksi dalam pelaksanaan (KDP) yang mangkrak seperti jalan Bandara Mantaritip Segmenandara – S. Kelay dan S. Kelay – Mantaritip akibat tidak adanya jembatan. Inti dari semua itu adalah salahnya penempatan modal atau aset pemerintah, akibat tidak adanya perencanaan secara komperensif dan holistik,” tambahnya.

Hal ini akan semakin tidak jelas jika bukan hanya bicara sampai outcome yang merupakan dampak jangka pendek tetapi pada impact yang merupakan dampak jangka panjang. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *