Antisipasi Lonjakan Jumlah Murid dengan Penganggaran RKB di 2024

oleh -216 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Kurangnya jumlah ruang kegiatan belajar (RKB) di beberapa sekolah, harus menjadi perhatian khusus Dinas Pendidikan Kabupaten Berau. Untuk itu, perlu dilakukan pendataan ulang dan dilakukan antisipasi dari sekarang. 

“Untuk masalah penambahan RKB ini masih belum terlambat jika dimasukkan dalam anggaran 2024 mendatang. Karena ini menjadi salah satu antisipasi dengan terus bertambahnya jumlah murid,” jelas anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo, saat rapat komisi bersama Dinas Pendidikan Berau, Senin (9/10/2023).

Dikatakannya, hal ini harus menjadi catatan khusus OPD terkait lantaran sudah ada contoh nyata bagaimana lonjakan murid terjadi setiap tahunnya, seperti yang terjadi di Long Ayan, dimana untuk jumlah murid kelas 3 membutuhkan ruang belajar lebih dari satu ruangan.

“Dan di tahun berikutnya pasti akan bertambah lagi. Mengapa bisa demikian? Ini karena kampung di sekitar perusahaan pasti serapan tenaga kerjanya juga banyak. Dan anak istrinya juga pasti ikut, sehingga jumlah anak yang bersekolah otomatis juga ikut bertambah,” tambahnya.

Kemudian dicontohkannya juga yang sempat viral seperti di SMP 4 Kelay, dimana hanya terdapat 3 RKB, sedangkan jumlah murid terus bertambah karena banyak perusahaan yang beroperasi di sana.

“Jadi masih bisa dilakukan antisipasi sejak dini dengan penganggaran sesuai kebutuhan jumlah RKB. Selain itu, jumlah guru juga harus diseimbangkan dengan penambahan RKB. Kalau memang masih kurang juga, maka bisa juga segera diantisipasi,” tutupnya. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *