Butuh Tambahan Personel Tangani Sampah di Maratua

oleh -530 views
Sejumlah pekerja tengah membersihkan sampah di kawasan pantai Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Senin, 4 September 2023 lalu. (Istimewa)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Penanganan sampah di destinasi wisata Maratua sempat disoroti anggota DPRD Berau. Pasalnya, jumlah personel di destinasi wisata yang sudah terkenal hingga ke tingkat internasional itu masih jauh dari kata cukup.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, Mustakim megaku bahwa kebutuhan personel untuk menangani sampah baik di darat maupun di perairan saat ini masih minim. Untuk konteks penanganan di wilayah perkotaan saja masih jauh dari jumlah ideal.

“Apalagi di luar wilayah Berau. Memang kita inginkan agar di destinasi wisata seperti Derawan dan Maratua, personel sampah itu mencukupi,” jelasnya.

Penambahan personel di lokasi wisata, lanjutnya, memang dibutuhkan. Mengingat destinasi wisata Maratua memiliki banyak pengunjung. Jumlah pegunjung yang kemungkinan padat tiap hari juga dengan sendirinya menambah jumlah sampah.

“Pasti lokasi seperti Maratua ada petugas kebersihannya. Tapi butuh banyak untuk penanganan sampah di darat dan laut. Kita juga harus berpikir ke arah itu,” terangnya.

Diakui Mustakim, kesulitan terbesar yang dihadapi pihaknya saat ini yakni anggaran. Anggaran pada beberapa item pekerjaan kurang mencukupi. Bahkan ada fasilitas dan personel yang memang perlu ditambah lagi. Fasilitas di darat seperti amrol sampah, truk pengangkut sampah, dan sebagainya.

“Termasuk di sungai, personel untuk mengoperasikan armada kapal pengangkut sampah juga mesti ada beberapa orang,” tegasnya.

Ke depan, pihaknya akan berupaya agar kekurangan personel pengangkut sampah di daerah tujuan wisata itu bisa ditambahkan. Sebab tingkat kunjungan di destinasi wisata juga dapat dilihat dari kebersihan dan kenyamanan lokasi itu.

“Nanti kita buat surat atau minta rekomendasi bupati untuk menambah anggaran demi kebutuhan personel ini,” tandasnya. (Adv/dl/jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *