Rudi Minta Pemkab Percepat Pembangunan BLK

oleh -321 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Mangunsong. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) yang direncanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau belum juga dirampungkan hingga saat ini. Walaupun membutuhkan waktu, pembangunan BLK sudah seharusnya masuk dalam prioritas.

Terkait hal itu, Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Mangunsong meminta Pemkab Berau untuk mempercepat proses pembangunan BLK yang berlokasi di Sambaliung itu. Percepatan proses pembangunan itu diperlukan mengingat pecari kerja di Kabupaten Berau tiap tahun meningkat.

“Tingginya pencari kerja tanpa pelatihan dan keterampilan jelas sangat beresiko terhadap pekerjaan. Makanya harus cepat supaya ada pelatihan itu,” jelasnya.

Selain meningkatkan keterampilan, BLK itu diperlukan untuk menyerap tenaga kerja lokal. Mengingat banyak tenaga kerja lokal yang belum mendapat tempat di perusahaan karena kurangnya keterampilan yang dimiliki.

“Karena itu, kalau sudah mulai direncanakan dan ditemukan kendala dan permasalahan, ya harus segera diselesaikan. Kenapa harus segera diselesaikan karena wacana pendirian BLK ini juga sudah lama digaungkan,” terangnya.

Ditegaskan Rudi, Pemkab Berau tidak bisa mengandalkan BLK perusahaan untuk menampung para pekerja, berikutnya memberikan pelatihan kepada para pekerja. Sebab, kebutuhan perusahaan terkait pekerja juga terbatas pada keahlian tertentu.

“Kalau kita punya BLK sendiri pasti rutin memberikan pelatihan kepada para pekerja. Juga dari segi keterampilan, semuanya bisa ditampung oleh BLK pemerintah,” terangnya.

Selain BLK, Rudi juga meminta pemerintah untuk mulai menyiapkan instruktur untuk memberikan pelatihan kepada para pekerja. Instruktur itu dapat didatangkan dari perusahaan melalui kontrak kerja sama.

“Kita mesti bergerak untuk pikirkan itu dan berani mengambil langkah pertama. Kalau tidak berani melangkah kapan bisa maju,” tandasnya. (Adv/jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *