Larangan Penangkapan Buaya Bukan Solusi

oleh -207 views
Ketua DPRD Berau, Madri Pani. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Aturan larangan penangkapan buaya oleh kementerian dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), dianggap bukan menjadi solusi khususnya bagi Kabupaten Berau. Banyaknya profesi nelayan dan petani tambak serta petani keramba di sungai, tentu akan merugikan jika aturan ini diterapkan di Berau.

“Karena larangan ini, para nelayan menjadi khawatir bahkan takut untuk mencari sumber penghasilannya. Apalagi beberapa pekan terakhir sering muncul buaya bahkan termasuk mengancam keselamatan warga. Jadi aturan ini perlu dikaji ulang,” tegas Ketua DPRD Berau, Madri Pani, ditemui Senin (9/10/2023).

Selain ketakutan yang dialami para nelayan, pelaku usaha seperti tambak pun memiliki ketakutan serupa. Bukan keuntungan yang didapat, melainkan kerugian saat tambaknya dimasuki buaya dan habis menjadi sasaran makanan buaya.

“Kalau perlu Presiden juga perlu tahu tentang hal ini. Karena aturan ini sangat perlu dikaji ulang. Penanganan hewan pemangsa yang menjadi sumber ketakutan nelayan di berau itu seperti apa. Dan keluarkan kebijakan baru yang tidak merugikan masyarakat, tapi juga sekaligus menjadi solusi,” tambahnya. (adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *