Perda Khusus Alokasi Pendidikan Bakal Diajukan di Raperda Inisiatif

oleh -273 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi P Mangunsong. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Melihat pengalokasian penggunaan anggaran pendidikan di Kabupaten Berau yang masih belum maksimal, anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi P.Mangunsong menyebut diperlukan adanya aturan khusus agar komitmen ini bisa berjalan.

“Karena merupakan salah satu visi misi pemerintah daerah, maka harus ada kemajuan atau progress dalam perkembangannya. Apalagi pendidikan ini menjadi hal krusial yang harus dan wajib didapatkan setiap warga negara. Perlu adanya penegasan, yaitu dengan Peraturan Daerah (Perda),” jelas Rudi P Mangunsong, ditemui dimensinews.id, Senin (9/10/2023).

Dijelaskannya, untuk rancangan peraturan daerah ini juga akan dibawa dan diusulkan dalam Raperda inisiatif tahun 2024 mendatang. Dan dengan adanya Perda ini diharapkan akan bisa memberikan komitmen khususnya Pemkab dan OPD terkait yakni Dinas Pendidikan (Disdik).

“Kalau sudah ada Perda ini, maka masyarakat bisa menuntut haknya agar pendidikan berkualitas bisa didapatkan. Jadi Pemkab bisa lebih memberikan perhatian khusus untuk bidang pendidikan,” tegasnya.

Dari informasi Disdik Berau, alokasi anggaran 20 persen yang ada tidak sepenuhnya dikelola oleh Disdik. Bahkan, untuk sarana prasarana pendidikan pun hanya teralokasi sekitar 1 persen lebih. Yang lain untuk peningkatan kualitas pendidik, sertifikasi, pelatihan dan kegiatan lainnya. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *