Humas Pemerintahan Tak Bisa Lepas dari Eksistensi Media Massa

oleh -246 views
Kabag Prokopim Setda Berau Sunarto menyerahkan cinderamata dan buku Berau Asyik kepada Koordinator Subtansi Biro Humas UMO Setda DIY Ditya Nanaeto Aji. (Helda Mildiana/dimensinews)

Di kantor Kepatihan DIY Yogyakarta Bahas Kerjasama Media dan Tenaga Ahli

YOGYAKARTA.DIMENSINEWS –

Kepala Bagian Prokopim Setkab Berau, Sunarto menyebut Bagian Kehumasan Pemerintahan tidak dapat dipisahkan dengan eksistensi media massa dan jurnalis yang meliput.

Menurutnya, kerjasama baik yang terjalin antara Humas Pemkab Berau dengan media massa sebagai mitra kerja untuk penyebarluasan informasi tentang pembangunan suatu daerah.

Hal ini diungkapkannya dalam kunjungan jurnalistik prokopim Setkab Berau dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Berau di kantor Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Komplek Kepatihan Danureja, Kamis (12/10/2023).

Dalam kunjungan jurnalistik yang diterima Koordinator Substansi Biro Humas UMP Setda DIY, Ditya Nanarto Aji tersebut, Sunarto menyebut
Informasi disajikan dengan mengedepankan objektivitas membuat masyarakat Berau dapat mengetahui fakta kebenarannya. Penyebaran informasi mengenai pembangunan dan prestasi daerah menjadi bagian dari promosi percepatan kemajuan suatu daerah.

Sunarto juga berterima kasih kepada rekan-rekan Biro Umum, Humas, dan Protokol DIY Yogyakarta karena menerima rombongan Berau, untuk melangsungkan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas rekan-rekan Prokopim dan pers Kabupaten Berau.

Ia juga mengimbau kepada rekan pers untuk menuliskan berita yang bersifat edukatif dan membangun citra positif pemerintahan. Sehingga, perpecahan dan perselisihan dapat dicegah agar tetap terjaga suasana yang kondusif.

“Saya mendorong saudara-saudara sekalian agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Jadikan pertemuan ini sebagai forum diskusi untuk bersama-sama membangun iklim demokrasi dan kebebasan berpendapat untuk kemajuan pembangunan daerah,” tuturnya.

“Selamat mengikuti kegiatan studi pembelajaran. InsaAllah kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua. Semoga Allah Subhana Wataala senantiasa meridhai niat dan langkah baik kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Substansi Biro Humas UMP Setda DIY, Ditya Nanarto Aji menuturkan, media massa harus menjadi ujung tombak dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Apalagi ini menjelang tahun politik diharapkan mampu mempublikasi hal positif, karena ini menjadi urgent,” ucapnya.

Ditya menyebut , Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dan merasa sangat terbantu dengan adanya komunikasi dan sinergitas yang baik bersama rekan-rekan media.

“Komunikasi yang terjalin dengan baik menjadi kunci kekompakan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” katanya.

Dalam pertemuan kunjungan jurnalistik itu. Juga membahas mengenai kerjasama pemerintah dan media. Bagaimana selama ini pemerintah DIY Yogyakarta bekerjasama dengan media massa, serta mengemuka pertanyaan apakah ada syarat yang harus dipenuhi media massa, semisal tenaga penulis atas wartawan yang liputan di wilayah pemerintahan harus mengantongi sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan jurnalis sebagai tenaga ahli di humas.(adv/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *