Masuk Kalender Wisata, Melas Kampung Suaran Didukung Anggaran Daerah

oleh -301 views
Acara adat Dayak Basap Melas Kampung Suaran. (Ist)

SAMBALIUNG.DIMENSINEWS – 

Pemkab Berau memiliki komitmen kuat untuk senantiasa mendukung segala upaya pelestarian kebudayaan dan memberikan perhatian besar bagi aktivitas budaya Bumi Batiwakkal. Salah satunya yakni acara adat Dayak Basap Melas Kampung Suaran, yang mendapatkan alokasi anggaran dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

“Acara adat ini telah masuk dalam kalender wisata Berau, sehingga pemerintah daerah melalui Disbudpar juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 25 juta untuk gelaran acara adat ini,” jelas Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, saat membuka acara di Kampung Suaran, Rabu (11/10/2023).

Dijelaskannya, sebagaimana diketahui bersama, suku Dayak merupakan salah satu suku asli Kabupaten Berau. Dengan demikian, seluruh kekayaan dan potensi budaya yang dimiliki harus bersama-sama dijaga, agar dapat bermanfaat untuk generasi selanjutnya.

Dan suku Dayak Basap yang mayoritas hidupnya bergantung pada hasil bumi, menjadikan Melas Kampung ini dapat dimaknai sebagai momentum meningkatkan kesadaran bersama, akan pentingnya menjaga alam dan lingkungan agar tetap terpelihara dan mendatangkan manfaat bagi kita semua. Adanya Melas Kampung ini menyadarkan bahwa kita harus mengelola alam dengan bijaksana.

“Tidak semua tempat memiliki tradisi budaya seperti Melas Kampung, yang merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Dayak Basap atas kesehatan dan rezeki yang diperoleh. Dan bagi siapa pun yang ingin menyaksikan prosesi Melas Kampung, harus datang langsung ke komunitas masyarakat Dayak Basap, salah satunya ke Kampung Suaran,” tambahnya.

Dengan demikian, potensi pariwisata Berau akan terus berkembang, sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat setempat. 

Melalui ajang adat ini juga diharapkan Kampung Suaran dan sekitarnya dapat menjadi kampung budaya. Sehingga, destinasi wisata Berau, tidak hanya berorientasi pada wisata alam semata, tetapi juga wisata budaya yang masih dilestarikan turun-temurun. 

“Saya mendorong Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta perangkat terkait, untuk terus melakukan inovasi dan pemberdayaan masyarakat, demi majunya sektor kepariwisataan Kabupaten Berau. Saya mengucapkan terima kasih kepada para tokoh adat, tokoh masyarakat, pemerintah kampung, dan seluruh masyarakat Kampung Suaran khususnya komunitas adat Dayak Basap, yang sampai saat ini masih terus bersemangat dalam mempertahankan tradisi adat ini, sehingga terus lestari,” ucap Bupati. (Adv/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *