Dukung Pembangunan Rumah Kakao di Labanan Makarti

oleh -299 views
Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Pembangunan rumah kakao dengan maksud untuk mengolah biji kako menjadi coklat sedang dipersiapkan pembangunannya oleh Pemerintah Kampung Labanan Makarti. Karena itu, pembangunannya perlu didukung.

Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina secara khusus sangat mendukung pembangunan rumah kakao yang akan dibangun tersebut. Pembangunan itu juga diharapkan dapat berjalan lancar dan bebas dari kendala yang berarti.

Menurutnya, pembangunan rumah kakao tersebut penting dilakukan mengingat Berau merupakan salah satu daerah yang sangat terkenal dengan kualitas kakaonya. Bahkan, kakao Berau sudah diekspor hingga keluar negeri.

“Kami dukung pembangunan itu. Apalagi kakao Berau sudah mendunia. Karena itu pemerintah daerah juga diharapkan dapat membantu pembangunan tersebut,” jelasnya.

Diakuinya, pembangunan rumah kakao tersebut dapat menjadi langkah penting agar kakao dapat diolah dalam berbagai jenis olahan. Hal itu juga menjadi langkah penting dalam membuka peluang pasar. Muaranya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama para petani kakao.

“Jika pembangunan ini berjalan lancar, kami juga meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan pasar yang mencukupi. Agar pemasaran kakao ke depan menjadi lebih muda dan bermanfaat,” terangnya.

Terpisah, Kepala Kampung Labanan Makarti, Madawi menjelaskan pembangunan rumah kakao atau coklat tersebut dimaksudkan untuk mengolah biji kakao menjadi coklat. Sebab, pemasaran coklat di Labanan Makarti sejauh ini sudah berjalan baik.

Saat ini, tambah Madawi, pembangunan rumah coklat tersebut masih dalam tahap persiapan lahan. Sedangkan anggaran untuk pembangunannya dalam proses pengajuan.

“Anggarannya sekitar Rp 300 juta. Lalu 4 Ha lahan sudah disiapkan. Dan 4 Ha itu untuk semua kegiatan Bumdes termasuk coklat. Dana tersebut pun dari dana desa hasil Musdes tahun anggaran 2023,” tandasnya. (Adv/jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *