Perlu Normalisasi Drainase untuk Atasi Banjir

oleh -265 views
Banjir pasca hujan masih sering terjadi di beberapa ruas jalan bahkan dalam perkotaan Tanjung Redeb. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Penanganan banjir di Berau masih sering dikeluhkan. Selain drainase yang bermasalah, penanganan itu juga terkendala karena drainase yang sudah dibangun tidak mampu mengatasi banjir. Karena itu, diperlukan normalisasi terhadap drainase yang telah ada.

Untuk tujuan itu, Anggota Komisi II DPRD Berau, Ratna meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk melakukan normalisasi saluran drainase, terutama drainase yang berada di wilayah perkotaan Berau. Pasalnya, masih banyak drainase yang tidak berfungsi dengan baik.

Drainase itu perlu dinormalisasi karena beberapa titik di wilayah perkotaan Berau masih rentan terdampak banjir. Atau dengan kata lain, ketidakberfungsian drainase itu menyebabkan banjir sukar diatasi ketika hujan tiba.

“Normalisasi dapat membuat drainase dapat menampung volume air yang lebih banyak, untuk dapat mencegah terjadinya banjir di kawasan perkotaan,” jelasnya.

Selain itu, normalisasi juga dilakukan untuk menghindari terjadinya genangan air di permukaan. Sehingga apabila suatu tempat memiliki air berlebih, maka air tersebut akan masuk melalui saluran drainase. Hal itu jelas meminimalisasi banjir.

Persoalan banjir, tambahnya, harus dicegah karena dapat membahayakan lingkungan dan juga kesehatan. Karena itu, percepatan penanganannya melalui program pembangunan yang efektif, terencana, dan terukur harus dimulai.

“Maka pemerintah perlu membangun drainase seefektif mungkin dan melakukan percepatan normalisasi terutama pada titik-titik yang rawan banjir,” tandasnya. (Adv/jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *