Ratna Dorong Kontribusi BUMD untuk PAD Berau

oleh -259 views

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Pihak legislatif terus mendorong Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Berau. Pasalnya, hingga hari ini kontribusi itu belum berjalan maksimal.

Terkait hal itu, Anggota Komisi II DPRD Berau, Ratna menjelaskan kontribusi BUMD sejauh ini diketahui masih berada di bawah 10 persen. Hal itu tentu mengkhawatirkan di tengah APBD Berau 2023 yang mencapai Rp 3,5 triliun.

Karena itu Ratna meminta tiga BUMD yang dimiliki pemerintah daerah yakni PT Indo Pusaka Berau (IPB), Perumda Air Minum Batiwakkal, dan PT Hutan Sanggam untuk bisa berkontribusi bagi PAD Berau.

“Saya minta tiga BUMD milik daerah untuk bisa beri kontribusi capai 10 persen. Sebab kontribusinya masih rendah untuk PAD,” jelasnya.

Diterangkan Ratna, bukan hanya belum mencapai 10 persen, kontribusi tiga perusahaan plat merah tersebut juga belum diketahui secara pasti. Karena itu, laporan deviden hasil usaha juga perlu disampaikan.

“Paling kurang saya sendiri belum mengetahui secara jelas berapa besaran kontribusi tiga perusahaan itu masing-masingnya untuk PAD Berau,” tegasnya.

Kontribusi tiga perusahaan tersebut, tambah Ratna, sangat diperlukan mengingat kemajuan pembangunan daerah sangat ditentukan oleh kontribusi tiga perusahaan itu. Apalagi di dalamnya terdapat saham pemerintah daerah yang sasarannya untuk menyejahterakan masyarakat.

“Sehingga kita akan terus mendorong tiga perusahaan itu untuk terus berikan kontribusinya demi kemajuan pembangunam daerah kita. Kalau kontribusinya besar, tentu masyarakat juga sejahtera,” tutupnya. (Adv/jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *