Berau Bersiap Menjadi Tujuan Wisata IKN

oleh -336 views
Plt Sekda Kabupaten Berau, Sujadi Hadiri Audiensi Deputi Otorita IKN di ruang Sangalaki, Sabtu (14/10/2023) siang. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Kabupaten Berau yang merupakan kawasan strategis pariwisata nasional, sedang bersiap untuk menjadi tujuan wisata Ibu Kota Negara (IKN). Hal ini dijelaskan Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, yang diwakili Plt Sekda Berau, Sujadi, saat audiensi bersama Deputi Otorita IKN.

Dijelaskannya, dengan total jumlah 225 daya tarik wisata mulai dari wisata alam, buatan, budaya hingga wisata bahari, Berau juga memiliki 18 kampung wisata dan 10 destinasi wisata unggulan, yang siap menyambut wisatawan pasca IKN terbentuk.

“28 Pokdarwis pengelola ekosistem dan usaha wisata yang mengelola wisata tersebut, juga sudah siap mengembangkan potensi wisata yang ada. Bahkan Pemkab Berau sejauh ini juga melakukan kolaborasi dengan sejumlah pihak, baik dalam maupun luar negeri, untuk pengembangan Pulau Maratua dan sekitarnya, bersama tim percepatan pengembangan strategis pariwisata Maratua,” jelas Sujadi saat audiensi di ruang Sangalaki, Sabtu (14/10/2023) siang.

Tak lupa dikatakannya, jika pada 9 Januari 2023 lalu, Kabupaten Berau berhasil meraih panji keberhasilan pembangunan bidang kepariwisataan, kategori kabupaten yang diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor pada saat perayaan HUT ke-66 Provinsi Kaltim.

Audiensi dihadiri para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat serta menghadirkan narasumber Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin, Direktur Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muhsin Palingrungi, serta Direktur pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dwi Marhen Yono.

Dukungan dari Deputi Otorita IKN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, agar pariwisata Kabupaten Berau semakin berkembang pesat dan menjadi tujuan wisata IKN, sangat berarti bagi Berau. 

“Untuk itu saya juga mengucapkan terimakasih kepada Deputi dan jajarannya, atas perhatiannya yang diberikan kepada Kabupaten Berau. Besar harapan saya, kita dan pelaku usaha wisata dapat selalu bersinergidam saling mendukung, untuk mendukung kepariwisataan dan ekonomi kreatif,” pintanya.

Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, Alimuddin juga menjelaskan, bahwa tahun depan akan banyak orang masuk ke IKN, dan dipastikan mereka membutuhkan sayur, beras, ikan dan lain-lain. 

“Tentu kita ingin semua daerah dengan segala potensinya masing-masing, bisa memberikan daya dukung kepada keberadaan IKN tahun depan. Selain itu, Berau yang kaya potensi wisatanya harus lebih siap, khususnya warga setempat harus belajar bahasa Inggris, untuk memudahkan komunikasi dengan wisatawan mancanegara,” terangnya.

Dikatakannya pula, pemindahan IKN akan dimulai dengan sistem tata kelola pemerintahan yang baik, dan akan memberikan layanan-layanan digital kepada masyarakat, yang dinilai lebih cepat. Sebab IKN ini nantinya akan diisi oleh orang-orang yang profesional. (Adv/Ay/Oz/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *