Perda Pajak dan Retribusi Daerah Perlu Diketahui Masyarakat

oleh -250 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Suharno. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Anggota Komisi I DPRD Berau, Suharno meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk melakukan sosialisasi terhadap Raperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang baru disahkan menjadi Perda. Pasalnya, Perda itu penting diketahui masyarakat.

Dijelaskannya, masyarakat perlu mengetahui perda tersebut sejak dini karena perda tersebut menyangkut kewajiban masyarakat terhadap negara. Masyarakat perlu mengetahui realisasi anggaran dari pajak dan retribusi yang telah dibayarkan selama ini.

“Masyarakat harus tahu ke mana uang yang mereka bayar selama ini. Mereka harus tahu uang ntuk membangun jalan maupun infrastruktur itu dari pajak dan retribusi itu,” jelasnya.

Selain itu, sosialisasi perlu dilakukan, mengingat pajak dan retribusi merupakan napas Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Berau. Kontribusinya untuk PAD itu pada akhirnya bermuara pada pembiayaan pembangunan dan pelayanan publik.

“Jadi hal ini sangat penting untuk membiayai penyelenggaraan Pemkab Berau dalam rangka memberikan pelayanan publik,” terangnya.

Ditambahkannya, pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah dari masyarakat itu perlu dilakukan penguatan melalui restrukturisasi jenis pajak, pemberian sumber perpajakan daerah yang baru, dan penyederhanaan jenis retribusi.

“Yang dapat dipungut dengan efektif juga termasuk biaya pemungutan dan biaya kepatuhan yang rendah serta restrukturisasi pajak daerah dan rasionalisasi retribusi daerah,” tegasnya.

Penguatan itu perlu dilakukan untuk mengurangi beban masyarakat dalam mengakses layanan dasar publik yang menjadi kewajiban Pemkab Berau. Termasuk mendorong kemudahan iklim investasi yang kondusif, daya saing daerah dan penciptaan lapangan kerja yang luas.

“Jadi, sosialisasi dan penguatan itu perlu dilakukan agar raperda yang baru disahkan menjadi perda itu benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya. (Adv/jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *