SMPN 5 Tanjung Redeb dan SMAN 5 Berau Raih Adiwiyata Nasional 2023

oleh -475 views
Suwito dan Triana memegang sertifikat sekolah Adiwiyata Nasional yang baru saja diberikan Menteri lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Dok)

JAKARTA.DIMENSINEWS –

SMPN 5 Tanjung Redeb dan SMAN 5 Berau berhasil meraih predikat bergengsi sebagai sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2023. Penghargaan Adiwiyata nasional diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prof.Dr.Ir Siti Nurbaya M.Sc ,Selasa (17/10/2023) di Auditorium Dr.Ir Soedjarwo gedung Manggala Wanabhakti Jakarta.
Kepala sekolah SMPN 5 Tanjung Redeb Triana dan Kepala Sekolah SMAN 5 Berau Suwito Wahyu Widodo hadir menerima sertifikat Adiwiyata.

Sekolah Adiwiyata merupakan program yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa.

Menurut keterangan Kepala Sekolah SMAN 5 Berau Suwito Wahyu Widodo, Adiwiyata yang didapatkan sekolah yang dipimpinnya adalah proses panjang dalam pengelolaan lingkungan sekolah.

“Yang sebelumnya diawali kepala sekolah terdahulu mengkoordinir seluruh semua warga di sekolah untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata, tetapi bagaimana program yang dijalankan bersama ini bukan semata mata untuk penghargaan tetapi untuk membentuk karakter warga di sekolah dalam mewujudkan perilaku ramah lingkungan, dan semua ii juga tidak lepas dari dukungan DLHK Berau,” papar Suwito.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 5 Tanjung Redeb, Triana Dwi Astuti menyebut, predikat sekolah Adiwiyata ini dimulai dari kesadaran sekolah pada gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup .

SMPN 5 Tanjung Redeb memasukkan program dalam visi sekolah yakni berwawasan lingkungan dengan harapan seluruh warga sekolah memiliki perilaku ramah lingkungan yang di integrasikan dengan kurikulum sekolah.

“Dan ini sejalan dengan program Adiwiyata, untuk mendapatkan predikat adiwiyata nasional ini , kami kerja nyata berkolaborasi dengan masyarakat serta mitra kerja sekolah,” paparnya.

Sementara itu Mustakim Suharjana Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Berau, melalui Sri Utami Fungsional Pengawas Lingkungan Hidup Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas lingkungan hidup , untuk Kabupaten Beru awalnya DLHK mengajukan 3 Sekolah untuk Adiwiyata Nasional, yakni SMAN 5 Beru, SMPN 5 Tanjung Redeb dan SMPN 2 Talisayan.

Dalam perjalanannya setelah penilaian dari Kabupaten, kemudian Provinsi dan Kementerian, maka dua sekolah inilah yang berhasil meraih Adiwiyata Nasional 2023. Dua sekolah ini dinyatakan masuk dan memenuhi syarat untuk berstatus sekolah Adiwiyata Nasional. (Adv/dl/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *